Gaya Hidup

Kekebalan Tubuh Sangat Berpengaruh pada Risiko Orang Kena Pneumonia

INDOPOSCO.ID – Tak hanya pada Covid-19, kekebalan tubuh juga menjadi faktor yang sangat berpengaruh pada risiko seseorang terkena penyakit pneumonia, menurut dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Universitas Indonesia, Dr. dr. Alvina Widhani, Sp.PD-KAI.

“Faktor kekebalan tubuh sangat berpengaruh terhadap seseorang dapat terjangkit penyakit pneumonia atau tidak,” kata dia dalam siaran pers RSUI, dikutip Sabtu (22/1).

Alvina menjelaskan, penyebab penyakit pneumonia yaitu patogen seperti bakteri, virus, dan jamur. Menurut penelitian, beberapa jenis kuman seperti Streptococcus pneumonia, Haemophilus influenza, serta virus pernapasan seperti virus penyebab pilek, flu, dan Covid-19 yang banyak ditemukan pada orang dewasa atau lansia berusia 65 tahun ke atas dengan pneumonia.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yaitu dengan vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan membentuk antibodi sehingga tubuh memiliki kesiapan untuk menangkal bakteri atau virus yang akan masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Kenali Pneumonia dan Pencegahannya

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button