Gaya Hidup

Kelamaan Lihat Layar, Awas Gangguan Sindrom Mata

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 membuat waktu menatap layar semakin bertambah, baik itu untuk tujuan pekerjaan, pendidikan atau sekadar mencari hiburan.

Sayangnya, rutinitas ini membawa dampak yang buruk bagi kesehatan mata. Meningkatnya waktu paparan terhadap layar gawai pun mendatangkan yang namanya Computer Vision Syndrome (CVS) atau gangguan sindrom mata.

“Saat kita menghabiskan lebih banyak waktu di layar digital termasuk laptop, ponsel, tablet, e-reader, dan bahkan televisi, mata kita memiliki peningkatan waktu paparan yang tidak proporsional ke layar ini yang penuh dengan konsekuensi merugikan yang cukup besar,” kata Dr Tushar Grover, Direktur Medis di Vision Eye Centre, New Delhi, India.

Dilansir Indian Express, Senin, gejala dari gangguan sindrom mata di antaranya adalah mata tegang, sakit kepala, penglihatan kabur atau penglihatan ganda, mata kering bahkan hingga sakit leher dan bahu.

“Bahkan terkadang dapat menyebabkan gangguan pada pola tidur dan kesulitan konsentrasi,” ujar Dr Grover dikutip Antara.

Baca Juga: Ibu Hamil Tidak Divaksin Covid-19 Lebih Berisiko Komplikasi

Dr. Grover mengatakan menatap layar yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan sindrom mata sehingga menyebabkan gerakan mata serta pemfokusan memerlukan upaya tambahan dari otot mata dan sistem penglihatan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button