Gaya Hidup

Untuk Jaga Psikis, Tetap Berpikir Positif Ketika Resolusi Tak Tercapai

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis kedokteran jiwa dr. Prima Kusumastuti, Sp. KJ mengingatkan bahwa seorang individu harus tetap berpikir positif saat resolusinya tidak tercapai guna menjaga kesejahteraan psikis.

Berpikir positif dan menerima kekecewaan adalah langkah pertama yang bisa dilakukan ketika resolusi lama kita tidak tercapai,” katanya ketika dihubungi dari Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (3/1/2022).

Psikiater yang praktik di RSUD Blora, Jawa Tengah, ini menjelaskan seorang individu juga perlu menanamkan dalam dirinya harapan lama yang tidak tercapai bisa jadi merupakan kesempatan baru yang lebih baik, yang sebelumnya tidak pernah diduga.

Berita Terkait

Dia menambahkan, tahun baru biasanya identik dengan harapan baru bagi seorang individu. “Sebelum membuat harapan baru, biasanya seseorang otomatis mengingat harapan lama, ada yang sudah tercapai dan ada yang belum atau tidak tercapai. Beberapa orang seringkali merasa kecewa ketika resolusi di tahun sebelumnya tidak tercapai. Kekecewaan merupakan rasa tidak nyaman yang menjadi bagian dari kehidupan. Semakin menyangkal rasa tidak nyaman, semakin sulit menghilangkannya,” katanya seperti dikutip Antara, Senin (3/1/2022).

Baca Juga: Tips Mengatur Pola Makan Sehat saat Libur Tahun Baru

Karena itu, kata dia, menerima kekecewaan adalah langkah pertama yang bisa dilakukan ketika resolusi lama tidak tercapai.

“Langkah selanjutnya harus mencoba bersikap ramah terhadap diri sendiri. Tulis hal-hal baik yang terjadi selama satu tahun terakhir walaupun itu hal kecil sekalipun. Itu akan membantu ingatan,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button