Gaya Hidup

Ini Tips Olahraga yang Benar Sesuai Umur

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis bedah ortopedi Siloam Hospitals Surabaya dr. Teddy Hari Wardhana SpOT memberikan tips atau metode olahraga yang benar sesuai umur guna menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Teddy Hari Wardhana di Surabaya, Sabtu, mengatakan salah satu kunci utama guna menjaga agar tubuh tetap segar dan bugar adalah berolahraga dengan cara yang tepat dan benar.

“Pastikan tidak sembarangan berolahraga,” kata dr. Teddy, seperti dikutip Antara, Sabtu (20/11/2021).

Baca Juga : Mengenal Kanker Kepala dan Leher

Menurut dia, ketika berolahraga, ada empat unsur yang harus diperhatikan, yaitu tingkatan atau ukuran berolahraga (intensitas), beban latihan (training load), gerakan tubuh (biomekanik) dan nutrisi. Keempat unsur ini juga harus disesuaikan dengan umur.

Saat berolahraga, lanjut ia, seyogyanya dimonitor dengan “targeted heart rate” yang merupakan rekomendasi yang dikeluarkan oleh “The American Heart Association”. Bahwasannya berolahraga insensitas moderate atau sedang mencapai 50 hingga 70 persen dari “heart rate”.

Sedangkan olahraga intensitas kuat seperti bagi olahragawan atau atlet, yang baik di jarak 70 hingga 85 persen “heart rate”.

Baca Juga : Air Kelapa Cocok Buat Program Turunkan Berat Badan

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button