Gaya Hidup

Dokter Sarankan Orang Tua Ganti Popok Anak Tiap Empat Jam

INDOPOSCO.ID – Dokter ahli anak Citra Amelinda dari Ikatan Dokter Indonesia menyarankan orang tua untuk mengganti popok anak maksimal setiap empat jam meski popoknya kering karena buah hati belum buang air kecil.

“Terutama kalau anaknya sedang banyak bergerak jadi berkeringat, ditambah lagi kita tinggal di negara tropis yang panas,” kata dr. Citra Amelinda, SpA, MKes IBCLC dalam webinar, Kamis (4/11/2021).

Jika popok tidak diganti secara rutin, dikhawatirkan anak-anak akan mengalami iritasi kulit seperti ruam popok sebab kebanyakan bayi punya kulit sensitif. Ruam popok umumnya bisa sembuh sendiri dalam kurun waktu tiga hari. Ruam popok muncul karena area kulit di sekitar popok dalam keadaan basah.

Citra menuturkan, kebanyakan bayi memang memiliki kulit yang sensitif sehingga rentan mengalami iritasi dan masalah kulit lainnya, termasuk ruam.

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan sering terjadi, sehingga orang tua perlu melakukan deteksi dini untuk mencari tahu apa penyebab ruam pada anak mereka dan mencari solusinya.

“Berbeda dengan orang dewasa, kulit bayi jauh lebih tipis, lebih mudah kehilangan kelembapannya dan lebih rentan teriritasi sehingga sering muncul ruam,” jelas dia, seperti dikutip Antara.

Ada banyak faktor yang mencetuskan iritasi, mulai dari keringat yang menyumbat pori-pori, jenis detergen atau materi baju, hingga jenis popok. Selain iritasi, penyebab ruam tersering adalah alergi protein susu sapi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button