Gaya Hidup

Hai Traveller, Sekarang Jangan Takut Nggak Dapat Sinyal

INDOPOSCO.ID – Sebagai seorang traveller atau pelancong, pernahkah Anda berkunjung ke daerah wisata, tapi tidak ada sinyal? Nah sekarang jangan takut, karena pemerintah akan memprioritaskan lima tempat wisata tersambung internet.

Kelima destinasi tersebut antara lain Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, dan Likupang di Sulawesi Utara. Kelimanya masuk dalam Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) seperti dikutip Antara menyatakan, pembangunan infrastruktur telekomunikasi akan menjadi perhatian lembaganya untuk mendukung prioritas pemerintah untuk meningkatkan kualitas pariwisata Indonesia.

Secara umum, Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan, pemerintah melalui kementeriannya bersama operator seluler memprioritaskan pemerataan akses internet dan infrastruktur TIK di berbagai sektor di Indonesia.

 

Kolaborasi
Kementerian Kominfo bersama operator seluler memprioritaskan pemerataan akses internet dan infrastruktur TIK di berbagai sektor di Indonesia.

Ini menyusul evaluasi dari sepuluh tahun lisensi serta kerja sama antara Kementerian Kominfo dan operator seluler, serta rencana untuk periode sepuluh tahun kedua nantinya.

Operator seluler berkomitmen untuk selesaikan pembangunan di 3.435 desa dan kelurahan untuk hadirkan sinyal 4G di wilayah non 3T atau wilayah komersial.

Selain pemerataan internet, Kominfo dan operator juga mendiskusikan potensi pengembangan industri telekomunikasi seperti akselerasi digital, yang menjadi salah satu dampak Pandemi Covid-19.

Langkah kolaborasi juga ditempuh Kominfo dengan mempererat kerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mendukung destinasi wisata super prioritas, termasuk soal ketersediaan sinyal.

“Karena begitu kita mendarat di lima destinasi super prioritas kita akan nyalakan smartphone kita atau HP kita, dan kita akan sangat bergantung terhadap coverage sinyal,” ujar Menteri Parekraf, Sandiaga Uno usai pertemuan bersama Menkominfo, Januari 2021.

Ketersediaan sinyal 4G di destinasi wisata super prioritas bukan semata untuk wisatawan yang datang, namun, juga usaha mikro, kecil dan menengah maupun usaha mikro di bidang pariwisata.

Teknologi, khususnya big data, bisa membantu membangkitkan sektor pariwisata sekaligus memulihkan Pandemi Virus Corona.

Kemkominfo dan Kemenparekraf juga akan membahas pertukaran data dalam aktivitas pariwisata, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

November tahun lalu, Kominfo meresmikan 18 menara telekomunikasi atau BTS di Labuan Bajo, antara lain sebanyak 4 BTS di Desa Komodo.

 

Percepat Pemerataan
Internet seakan menjadi senjata untuk menghubungkan Nusantara. Pemerintah ingin memperkecil disparitas infrastruktur antar wilayah, dan percepatan pemerataan internet untuk seluruh wilayah Tanah Air.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo pada kuartal terakhir 2020 telah menyelesaikan penyelenggaraan sinyal 4G di 1.209 desa dan kelurahan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button