Gaya Hidup

Ini Tips Memperkenalkan Bahasa Inggris pada Anak

INDOPOSCO.ID – Hingga saat ini, bahasa Inggris masih menjadi bahasa global. Meleknya pendidikan orang tua juga menjadi dasar pengenalan bahasa asing pada anak-anak di masa ini. Orang tua menyadari betul akan pentingnya pemahaman bahasa asing bagi masa depan anak, sehingga tak jarang ditemukan anak-anak yang mahir berbahasa asing sejak dini.

Menurut Dr. Mustafa Guvercin, School Director Sampoerna Academy, pengenalan bahasa asing sejak dini memang dapat menjadi pilihan, namun perlu dilakukan dengan cara yang tepat.

Lalu, langkah apa yang perlu dilakukan saat ingin memperkenalkan bahasa Inggris pada anak?

Mustafa menyatakan, pengenalan bisa dimulai dengan lagu atau buku cerita.

“Langkah awal yang paling mudah, Anda memperkenalkan melalui lagu atau buku cerita. Dengan mulai diperdengarkan lagu berbahasa asing, anak diharapkan akan mengenali bahasa baru. Nantinya, pengulangan lagu juga dapat membantu si kecil memahami penyebutan dalam bahasa Inggris,” katanya.

Sementara penggunaan buku, ujar Mustafa, juga dapat membantu anak dengan adanya peran visual. Kita bisa memberikan pemahaman singkat dari paparan gambar dalam buku. “Anda juga bisa memulainya dengan penekanan satu per satu kata agar Anak bisa turut memahaminya,” lanjutnya.

Langkah selanjutnya, jelas School Director Sampoerna Academy ini, dengan memperkenalkan kosa kata dalam keseharian

“Anda bisa mulai menggunakan bahasa asing dalam kegiatan sehari-hari. Sebaiknya, pilihlah kata atau kalimat yang sederhana lebih dahulu seperti “please“, “thank you“, “it’s okay“, dan lain sebagainya. Dengan penerapan kata asing dalam kegiatannya, anak diharapkan mampu memahami maksud bahasa tersebut,” papar Mustafa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button