INDOPOSCO.ID – Indonesia sedang menyaksikan era keemasan bagi brand-brand lokal. Dari Sabang sampai Merauke, semangat kewirausahaan tumbuh subur, menghasilkan merek-merek yang tak hanya mampu bersaing di pasar domestik tetapi juga mulai merambah kancah internasional. Ini bukan lagi sekadar tren, melainkan sebuah pergerakan ekonomi yang signifikan, didorong oleh inovasi, kreativitas, dan konektivitas digital.
Beberapa elemen kunci telah mempercepat perkembangan pesat brand-brand Indonesia antara lain, meningkatnya kecintaan konsumen terhadap brand Indonesia, dukungan pemerintah terhadap produk dalam negeri, hingga inovasi dan kolaborasi yang dilakukan oleh brand.
Turut mendorong perkembangan brand-brand Indonesia, INFOBRAND.ID menghadirkan Brand Indonesia Excellence Award 2025, sebagai penghargaan bergengsi yang diberikan kepada brand-brand Indonesia yang dinilai unggul dalam membangun Brand Awareness, Business Performance, dan Brand Image. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap merek-merek Indonesia yang berhasil mempertahankan eksistensi, membangun citra positif, serta memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan dunia usaha dan perekonomian Indonesia.
“Melalui ajang penghargaan ini, kami ingin memberikan apresiasi kepada brand-brand Indonesia yang tidak hanya kuat secara bisnis, tetapi juga mampu membangun citra positif dan memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian nasional. Inovasi dan konsistensi menjadi kunci agar brand lokal mampu bersaing dan diakui, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di kancah global,” ujar Susilowati Ningsih, dalam sambutan di kegiatan Award Ceremony yang diselenggarakan di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Selasa (7/10/2025).
Lebih lanjut Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia dan Chairman Indonesia Brand Community menjelaskan, untuk menentukan para peraih penghargaan, TRAS N CO melakukan serangkaian riset dan penilaian yakni; riset Brand Indonesia Exellence Index 2025, yang mengacu pada tiga parameter utama; Brand Awareness, mengukur tingkat intensitas dari suatu merek tampil di halaman internet, serta mengukur banyaknya pengguna internet yang mencari suatu merek melalui mesin pencari internet. Business Performance, menilai keberlangsungan dan konsistensi sebuah brand sebagai entitas bisnis yang tetap eksis dan relevan di pasar. Penilaian dilakukan berdasarkan indikator-indikator seperti: usia brand, jumlah cabang atau outlet, cakupan saluran distribusi, jumlah transaksi, tingkat pendapatan, serta pengakuan atau penghargaan yang telah diperoleh brand tersebut.
“Terakhir Brand Image, mengukur persepsi publik terhadap brand berdasarkan jejak digital di berbagai platform online. Penilaian dilakukan berdasarkan jumlah pemberitaan, sentiman pemberitaan, serta rating konsumen di marketplace atau platform ulasan lainnya, jelas Tri Raharjo.
INFOBRAND.ID Kukuhkan Brand Pilihan Konsumen dan Inovator Pionir
Masih di momen yang istimewa, sebagai bentuk komitmen dalam mendukung perkembangan brand-brand di Indonesia, dalam kesempatan tersebut INFOBRAND.ID juga menyerahkan penghargaan lainnya. Yakni; Brand Choice Award for Healht & Beauty 2025, ajang penghargaan yang telah terselenggara di bulan September ini diberikan kepada brand-brand yang menjadi pilihan utama konsumen di kategori produk kesehatan dan kecantikan, yang sukses memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen di Indonesia.
Brand Choice Award for Health & Beauty 2025, ditentukan berdasarkan riset Brand Choice for Health & Beauty Index yang mengacu pada; Digital Brand Awareness Aspect, mengukur banyaknya ulasan brand di halaman internet dan banyaknya brand dicari oleh pengguna internet dengan mengacu kepada data mesin pencari. Brand Choice Aspect, mengukur banyaknya transaksi penjualan produk di suatu kategori melalui official store di dua marketplace teratas. dan juga mengukur banyaknya ulasan dan penilaian (Review & Rating) yang diberikan konsumen atas produk yang dibeli dan digunakan. Dan Social Media Aspect, menggunakan 3 sosial media teratas Facebook, Instagram dan Youtube. Untuk mengukur aktivitas brand serta engagement yang terjalin antara brand dengan pengikutnya di sosial media.
Dan sebagai penutup rangkaian awarding ceremony ada Penghargaan PERTAMA DI INDONESIA, sebagai apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada Perusahaan atas prestasi inovasi dan karya yang berhasil diciptakan dan menjadi pioner di kategorinya sebagai peraih predikat yang “PERTAMA DI INDONESIA”. Penghargaan yang juga telah diselenggarakan di bulan sebelumnya.
Penghargaan Pertama di Indonesia, mengacu pada tiga parameter yakni; The First Aspect, perusahaan peraih Pertama Di Indonesia memenuhi unsur Pertama Di Indonesia di kategori produk/jasanya baik inovasi atau pioneer di kategorinya. Evidence Aspect, perusahaan peraih Pertama Di Indonesia memiliki alat bukti atau dibuktikan melalui pemberitaan sebagai Pertama Di Indonesia untuk di kategori produk/jasanya. Dan Validation Aspect, perusahaan peraih Pertama Di Indonesia wajib menandatangani surat Validation Data & Disclaimmer sebagai Pertama Di Indonesia dan atau Dibuktikan dengan Online Validation Research melalui mesin pencari dan media sosial.
“Adapun para peraih penghargan untuk program tersebut antara lain; untuk Brand Indonesia Exellence Award 2025, ada brand Depo Air Minum Biru, Mochi Mochio, dan Viva Apotek. Selanjutnya peraih Brand Choice Award for Health & Beauty 2025 ada Brand Polident dengan kategori Perekat Gigi Palsu. Dan Peraih Penghargaan Pertama Di Indonesia, ada Brand GENDES, sebagai Sweet Aromatic Feminine Hygiene Pertama Di Indonesia,” tutup Tri Raharjo. (ibs)