INDOPOSCO.ID – Kantor Pariwisata Pemerintah Makau (MGTO) menyelenggarakan serangkaian kegiatan mega promosi pariwisata di Indonesia dan Malaysia mulai dari tanggal 9 hingga 12 Oktober, sebagai upaya berkelanjutan untuk menjangkau pasar internasional di kawasan Asia Tenggara. Pembukaan berlangsung hari ini (9 Oktober) di Gandaria City Mall, Jakarta, acara “Experience Macao Mega Sale” menghadirkan beragam daya tarik destinasi serta penawaran khusus untuk paket wisata Makau, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kedatangan wisatawan dari Indonesia dan memperluas pasar internasional.
Para tamu kehormatan yang hadir pada upacara pembukaan antara lain Direktur Kantor Pariwisata Pemerintah Makau (MGTO), Ibu Maria Helena de Senna Fernandes; Wakil Direktur Biro Pengembangan Ekonomi Hengqin, Bapak Ethan Huang; Direktur Eksekutif Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Bapak Irsal Syahbudin; Presiden Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), Ibu Pauline Suharno serta Presiden Asosiasi Inovasi Layanan Pariwisata dan Rekreasi Makau, Bapak Paul Wong.
Menargetkan pasar wisatawan Muslim
“Indonesia merupakan salah satu pasar internasional terpenting bagi kami, menempati peringkat ketiga terbesar dalam jumlah kunjungan wisatawan ke Makau. Hingga Agustus 2025, kami telah menyambut lebih dari 132.000 wisatawan asal Indonesia, yang menunjukkan peningkatan sebesar 15% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Kami berharap dapat terus menghadirkan pengalaman yang lebih berkesan bagi mereka di Makau.” ujar Direktur MGTO Maria Helena de Senna Fernandes.
Dengan meningkatnya minat terhadap pariwisata Muslim, Makau terus memperluas layanan dna fasilitas ramah Muslim seperti restoran bersertifikat Halal, paket wisata khusus, serta penerbitan panduan “Macao for Muslim Travelers – Halal Travel Guide” dalam berbagai bahasa. Selain itu, Pelatihan industri juga secara rutin diselenggarakan untuk membekali pelaku pariwisata dengan pengetahuan dan keterampilan dalam melayani wisatawan Muslim, guna menjadikan Makau menjadi destinasi ramah bagi wisatawan Muslim serta memperluas segmen pasar pariwisata.
Penawaran khusus untuk produk pariwisata
Bersama dengan enam perusahaan komplek wisata terpadu, Air Macau, Biro Pengembangan Ekonomi Zona Kerjasama Mendalam Guangdong-Macao di Hengqin serta sembilan agen perjalanan lokal, MGTO menghadirkan pameran Mega Sale selama empat hari untuk memperkuat Makau sebagai pusat pariwisata dan rekreasi dunia. Beragam produk pariwisata diluncurkan oleh agen-agen perjalanan lokal yang menawarkan lebih banyak variasi pengalaman perjalanan yang lebih luas dan penawaran khusus.
Kolaborasi MAK MAK x IP lokal popular tingkatkan dampak promosi
Maskot Pariwisata Makau, MAK MAK berkolaborasi dengan karakter webcomic popular asal Indonesia Tahilalats, untuk menampilkan semangat “pariwisata +” Makau sekaligus menarik minat generasi muda guna memperluas jangkauan promosi. Menjelang pembukaan acara Mega Sale, kedua maskot turut meramaikan kegiatan Car Free Day di Jakarta, menghadirkan pengalaman interaktif yang menyenangkan Bersama warga Jakarta selama dua pekan berturut-turut.
Selebriti Indonesia memukau acara tersebut
Acara Mega Sale menghadirkan berbagai zona interaktif dengan permainan menyenangkan dan instalasi foto menarik, mulai dari pengalaman balap motor Formula, permainan capit boneka bertema kedua maskot, hingga sesi foto seru sebagai “koki Macao” dan “biskuit almond raksasa”.
Beragam pertunjukan panggung spektakuler turut memeriahkan acara ini, termasuk penampilan penyanyi terkenal Indonesia Bernadya Nastiti dan group musik Maliq & D’Essentials, talkshow komedian Oza Rangkuti, sesi berbagi dari KOL lokal, serta pertunjukkan budaya seperti tarian Rakyat Portugis, pertunjukan sulap, barongsai dan pertunjukan seni yang mengubah wajah khas Tiongkok. Pengunjung juga dapat mencicipi kuliner khas Makau, mengikuti kuis dengan undian berhadiah yang diadakan setiap hari selama acara. Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan souvenir ekslusif MAK MAK x Tahilalats. Melalui pengalaman imersif ini, acara Mega sale menampilkan pesona Makau “tourism +” Makau yang semarak.
MGTO menyelenggarakan mega promosi pariwisata di Indonesia dan Asia Tenggara untuk memperluas pasar wisatawan mancanegara dan menarik wisatawan muslim yang memiliki potensi besar. Melalui berbagai inisiatif promosi strategis, baik online maupun offline, MGTO berupaya memperkuat pasar internasional dan mendorong diversifikasi pangembangan sektor pariwisata dan ekonomi Makau. (ibs)