Ekonomi

Kementerian UMKM-HDCI Jalin Kerja Sama Kampanyekan Penggunaan Produk Lokal

INDOPOSCO.ID  –  Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) resmi menjalin kerja sama dengan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) untuk mengampanyekan penggunaan produk lokal buatan pengusaha UKM otomotif.

Kerja sama ini ditandai dengan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Sinergi pengembangan UMKM bidang otomotif ini ditandatangani oleh Deputi Bidang Usaha Kecil Kementerian UMKM, Temmy Satya Permana dengan HDCI di Jakarta, pada Kamis (21/8/2025).

Temmy menegaskan bahwa kolaborasi dengan komunitas motor terbesar di Indonesia ini bukan hanya soal memperluas pasar, tetapi juga untuk membuktikan kualitas produk lokal.

“HDCI ini memiliki ribuan anggota dengan daya beli yang tinggi. Kalau kita bisa meyakinkan mereka untuk memilih produk UKM dalam negeri, itu menjadi kampanye yang bagus sekaligus bukti bahwa kualitas produk lokal kita mampu bersaing dengan produk impor,” kata Temmy.

Ia menyebut, kebutuhan komunitas motor terhadap apparel, riding gear, spare parts, hingga kuliner sangat tinggi. Dengan menjadikan HDCI sebagai mitra, produk UKM otomotif akan semakin mudah dikenalkan ke pasar.

“Ini bukan hanya soal penjualan, tapi soal kebanggaan. Ketika bikers memakai produk lokal, kita sedang menunjukkan kepada publik bahwa karya anak bangsa punya standar kualitas internasional,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Temmy menekankan bahwa promosi masih menjadi tantangan utama bagi UKM terutama UKM bidang otomotif. Dan dengan kehadiran HDCI di SMESCO, diharapkan bisa menjadikan SMESCO sebagai meeting point komunitas motor dan pusat kampanye produk UKM.

“Kami ingin kerja sama ini membuka pintu promosi lebih luas, termasuk rencana pembentukan HDCI Store sebagai etalase produk UKM otomotif,” tambahanya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum HDCI, Arbain Siregar, menyambut baik kerja sama ini. “HDCI adalah komunitas motor dengan total anggota 10 ribu, dan kami siap menjadi mitra strategis pemerintah untuk membantu pengusaha UKM,” kata Arbain.

Melalui sinergi ini, Kementerian UMKM dan HDCI berharap produk-produk lokal otomotif semakin dikenal, semakin dipercaya, dan menjadi pilihan utama komunitas motor maupun masyarakat luas.

“Bersama Kementerian UMKM, kami ingin memberi dampak positif bagi UKM sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” tutupnya. (her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button