Telkom Wujudkan Pertumbuhan Berkelanjutan dengan Tiga Pilar ESG

INDOPOSCO.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkomitmen untuk mengoptimalkan penerapan prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environmental, Social, and Governance/ESG) sebagai strategi korporasi demi memperkuat daya saing bisnis dan memastikan keberlanjutan.
“ESG bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan mendasar untuk membangun pertumbuhan yang berkelanjutan, memperkuat kepercayaan pemangku kepentingan, dan memastikan keberlanjutan usaha di masa depan,” kata Senior Vice President (SVP) Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (8/7).
Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang perusahaan terhadap keberlanjutan, Reza mengatakan perusahaan menghadirkan “GoZero% – Sustainability Action by Telkom Indonesia” yang berlandaskan pada tiga pilar utama.
Pada pilar Environmental, Telkom mengusung program “Save Our Planet” yang berfokus pada mitigasi perubahan iklim dan manajemen energi, pengelolaan sumber daya dan limbah, serta manajemen lingkungan, termasuk pengelolaan air dan pelestarian keanekaragaman hayati.
Kemudian di pilar Social, Telkom mengusung program “Empower Our People” yang berfokus pada keberagaman, kesetaraan, dan inklusivitas di lingkungan kerja, kesehatan dan keselamatan kerja.
Lebih lanjut, meningkatkan pengalaman pelanggan terbaik melalui layanan unggul dan inovasi produk yang bertanggung jawab, serta inklusivitas digital dan pelibatan komunitas, termasuk pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).
Pada pilar Governance, Telkom mengusung program “Elevate Our Business” yang berfokus pada kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku, praktik bisnis yang beretika, hingga keamanan siber dan pelindungan data pribadi.
“Ketiga pilar ini senantiasa menjadi landasan bagi perusahaan dalam menjalankan operasional bisnis secara berkelanjutan, serta diintegrasikan ke seluruh lini bisnis dan entitas Telkom Group sebagai bagian dari budaya perusahaan,” ujar dia.
Komitmen Telkom terhadap ESG pun, lanjut Reza, tercermin pada sejumlah pencapaian yang diperoleh perusahaan.
Pada tahun 2024, Telkom memperoleh sejumlah Sustainability Rating dari berbagai lembaga, seperti Sustainalytics dengan skor risiko ESG membaik menjadi 25,6 (Medium Risk), skor A dengan predikat “Baik” dari lembaga rating MSCI, serta skor 91,23 dengan predikat “Sangat Baik” dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
Pada aspek lingkungan, Telkom telah melakukan verifikasi emisi gas rumah kaca (GRK), peningkatan pengelolaan limbah kantor dan limbah teknologi seperti kabel fiber optic, hingga penggunaan panel surya pada sejumlah Base Transceiver Station (BTS).
Di aspek sosial, Telkom melakukan berbagai inisiatif untuk pemberdayaan komunitas melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), hingga mewujudkan inklusivitas digital dengan jaringan yang menjangkau lebih dari 98 persen populasi di Indonesia.
Pada aspek tata kelola, Telkom beserta 13 anak perusahaan dengan kepemilikan langsung telah tersertifikasi ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. (srv)