Ekonomi

Pertamina Luncurkan AJP 2025, Ajang Apresiasi Jurnalis Media se-Indonesia

INDOPOSCO.ID – PT Pertamina (Persero) secara resmi meluncurkan Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2025 di Jakarta, Selasa (17/6/2025).

AJP merupakan kegiatan rutin tahunan Media Communication Pertamina yang sudah berjalan secara konsisten dilakukan sejak tahun 2003. Memasuki edisi ke-22, AJP tahun 2025 ini mengusung tema ‘Energizing Indonesia’.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan, AJP merupakan ajang apresiasi untuk jurnalis media se-Indonesia, serta merayakan karya-karya jurnalistik terbaik jurnalis Tanah Air.

“Peran media dalam mempublikasikan kinerja, capaian serta transformasi yang kami jalankan secara objektif sangat krusial dalam membangun kepercayaan publik dan memperkuat dukungan terhadap agenda transisi energi nasional,” jelasnya.

Fadjar melanjutkan, AJP merupakan salah satu engagement positif antara Pertamina dengan media, khususnya tim Corporate Communication/Kehumasan di seluruh wilayah Pertamina.

“Karya jurnalistik yang didaftarkan pada ajang AJP selalu meningkat dari tahun ke tahun, mencerminkan dukungan positif media nasional dan daerah terhadap Pertamina Group,” kata Fadjar.

AJP 2025 terbuka untuk seluruh insan media, baik cetak maupun elektronik untuk mendaftarkan karya terbaiknya yang terpublikasi di media massa pada rentang waktu 1 November 2024 – 31 Oktober 2025.

Peserta AJP bisa mendaftarkan karyanya dengan jumlah karya tidak terbatas. Persyaratan AJP 2025 dapat mengunjungi https://www.pertamina.com/id/ajp-home

Setiap jurnalis bisa mendaftar sesuai dengan domisili tugas masing-masing. Pertamina telah membagi domisili jurnalis menjadi 10 teritori, yakni Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng), Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Daerah Khusus Jakarta – Jawa Bagian Barat, Jawa Bagian Tengah (JBT), Jatimbalinus dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku – Papua dan Holding.

Publikasi peserta AJP 2025 akan dinilai dari dua pilar topik, yaitu bisnis dan non-bisnis. Tiap pilar topik memiliki 4 kategori karya, yaitu Karya Tulis, Karya TV, Karya Radio dan Karya Essay Foto, dengan demikian kategori karya di AJP 2025 menjadi total 8 kategori.

Seleksi dan penilaian karya AJP 2025 akan dilakukan berjenjang mulai dari teritori hingga nasional oleh para juri dari berbagai disiplin keilmuan yang bekerja independen, professional dan transparan.

Nantinya AJP 2025 akan melahirkan pemenang teritori, pemenang nasional serta pemenang tertinggi Best Of The Best.

Pertamina menyiapkan apresiasi berupa tropi dan hadiah uang tunai serta training di luar negeri kepada para pemenang AJP 2025.

“Karya-karya jurnalistik AJP akan menjadi sumber energi, edukasi dan informasi untuk masyarakat. Mari bersama wujudkan keterbukaan, sebagai energi untuk Indonesia,” pungkasnya. (rmn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button