Ekonomi

Dorong Wirausaha, Industri Franchise Jadi Solusi Akselerasi Bisnis dan Menguntungkan

INDOPOSCO.ID – Data dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menyebutkan bahwa sampai Mei tahun lalu, pemberi waralaba dalam negeri tercatat sebanyak 151 Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW).

Jumlah tersebut lebih besar dari pemberi waralaba luar negeri sebanyak 145 STPW.

Angka tersebut membuktikan bahwa antusiasme pelaku usaha di Indonesia cukup tinggi dan menjanjikan. Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan Septo Soepriyatno mengatakan, STPW merupakan bukti legal tentang bisnis yang memang memiliki skema dimitrakan.

“Ini lebih tentang bukti legal. Ketika pelaku usaha punya konsep usaha yang bagus tapi kekurangan modal kan perlu mendapatkan mitra dia pakai istilah waralaba biasanya dia melakukan promosi maka bisa menggunakan Waralaba dan ini harus memiliki STPW,” ungkap Septo.

Untuk itu Kementerian Perdagangan (Kemendag) mewajibkan para pengusaha waralaba atau franchise memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW).

Septo menambahkan, pihaknya banyak sekali menemukan pengusaha yang membuka bisnisnya dengan mengklaim usaha waralaba, namun tidak memiliki STPW.

Sektor bisnis franchise yang baik tentu harus memiliki STPW sebagai salah satu syarat utama bisnisnya bisa dimitrakan atau diwaralabakan. Skema bisnis ini dinilai sangat menjanjikan untuk calon investor yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan sistem franchise.

Untuk saat ini penyebaran bisnis franchise masih terpusat di Pulau Jawa dengan Jakarta masih mendominasi, disusul Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Jawa Barat.

Bidang usaha yang paling banyak diwaralabakan meliputi makanan dan minuman atau Food and Beverages (FnB) sebanyak 47,92%; ritel 15,28%; jasa pendidikan nonformal 10,42%; jasa kecantikan dan kesehatan 10,42%; laundry 6,25% dan lainnya yang meliputi jasa biro perjalanan, perdagangan properti, hotel, karaoke, otomotif, serta jasa perawatan dan perbaikan elektronik.

Bisnis waralaba cenderung lebih diminati para pelaku UMKM karena dinilai lebih mudah dipasarkan, lebih cepat berkembang, dan tentunya lebih menguntungkan.

Melihat kondisi positif tersebut, Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bersama Neo Expo Promosindo kembali menggear pameran Info Franchise and Business Concept (IFBC) 2025, pada 14-16 Februari 2025 di Hall 1, ICE BSD, Tangerang.

Mengusung tema “Energizing Entrepreneurship” IFBC menghadirkan ratusan peluang bisnis yang menawarkan kemitraan, mulai dari franchise, peluang usaha, bisnis, distributor, dan keagenan.

IFBC 2025 ICE BSD ke-170 ini menjadi sarana untuk para pelaku usaha tumbuh dan mengembangkan bisnis melalui kemitraan. Pameran bisnis terbesar dan terlengkap ini dimeriahkan lebih dari 200 merek bisnis dengan nilai investasi yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari 9 juta hingga 1,5 miliar rupiah. Pameran ini juga disponsori oleh Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai solusi keuangan berwirausaha.

Top Franchise Triple Platinum Award 2008-2025 dan Top Business Opportunity Award 2025

Di tempat yang sama, majalahfranchise.com bersama Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) menggelar penghargaan Top Franchise Triple Platinum Award 2025 dan Top Business Opportunity Award 2025.

Penghargaan ini diberikan kepada merek-merek franchise dan merek-merek business opportunity yang meraih level awareness atau popularitas tertinggi.

Rofian Akbar, Pimpinan majalahfranchise.com sekaligus Franchise Expert mengatakan, brand yang awareness tinggi atau populer adalah brand yang paling dikenal dan diingat konsumen. “Dan di era digital sekarang ini makin sering brand dibicarakan di dunia maya makan akan semakin populer,” katanya.

Rofian menambahkan, popularitas sebuah brand jika dikelola dengan baik oleh brand ownwer maka akan menjadi decision purchasing bagi konsumen maupun calon investor. Karena umumnya, faktor-faktor penentu baik konsumen atau calon mitra memilih merek Franchise dan BO itu antara lain adalah awareness atau popularitas.

“Semakin brandnya bagus, kuat dan terpelihara dengan baik maka tingkat sustainable success-nya semakin besar.” katanya.

Survei popularitas ini merupakan yang ke-13 kalinya sejak 2008 dan dilaksanakan dengan mengukur level awareness atau popularitas sebuah brand franchise dan BO di Indonesia.

Kegiatan survei TOP Franchise Triple Platinum Award 2025 dilakukan pada bulan Desember 2024 hingga Januari 2025. Kegiatan survei dilakukan dengan digital brand monitoring dilakukan terhadap 151 brand franchise pemilik STPW dan 600 Brand BO di majalahfranchise.com.

Digital brand monitoring adalah cara menganalisis kehadiran dan aktivitas brand secara online. Ini melibatkan pemantauan semua jejak digital yang terkait dengan suatu brand. Tujuan utamanya adalah untuk memahami persepsi publik terhadap brand, mengukur sejauh mana popularitas brand atau brand awareness, dan memantau respons terhadap kampanye pemasaran atau peristiwa tertentu.

Metode pengukuran Top Franchise Triple Platinum Award 2025 dilakukan dengan 3 cara. Pertama, popularitas virtual. Pengukuran ini dilakukan dengan merekam jejak ‘pembicaraan’ brand franchise yang memiliki jumlah pencarian paling tinggi di google search engine. Kedua, intensitas sosial media. Pengukuran ini dilakukan dilihat dari penggunaan platform sosmed seperti TikTok, Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube. Ketiga, Intensitas Situs Web. Pengukuran ini dilihat dari aktif tidaknya situs web dan jumlah pengunjung dari situs web. (ibs)

Berikut daftar lengkap peraih Top Franchise Triple Platinum Award dan Top Business Opportunity Award 2025:

Top Franchise Triple Platinum Award 2025

1. Indomaret
2. Depo Air Minum Biru
3. Apotek K-24
4. Raywhite
5. Martha Tilaar
6. Kebab turki baba rafi

Top Business Opportunity 2025

1. Double Decker English & Public Speaking
2. Rhino The Creator
3. De Wave
4. SoloPhoto
5. Kayu Putih
6. The Kotjok
7. Bebek Terminal
8. Kaf Fried Chicken
9. Temu Kamu Coffee
10. Ethica
11. Baker Old
12. Rindu Minang
13. Barbertopia
14. Steak Khas Menteng
15. Kopi Menteng
16. Mie Good Cuan
17. Aladdin Kebab
18. SBK Center
19. Smartkidz
20. Barberpedia
21. Kopi dari Hati
22. Minang Sepakat
23. Minum Jus
24. Sambal Bakar Foodbank
25. You Need Mee
26. Tempat Bercakap
27. Kharisma Bahari
28. Subsidi Bahari
29. Putri Bahari
30. Jakarta Dermalogy Center
31. Cinta Sejatea
32. Kopi Sewindu
33. Scudetto
34. Bebek Sambal nusantara
35. You Love Mee
36. Pagaruyuang
37. Bakso Teras Kelapa
38. Selera Bahari
39. Teman Nongkrong
40. Bakso Kampungqu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button