Ekonomi

Digitalisasi Layanan Jadi Prioritas, ASDP Hadirkan Layanan Tiket Online

INDOPOSCO.ID – Digitalisasi layanan menjadi salah satu prioritas utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan.

Itu dilakukan dengan terus berinovasi dalam mengakselerasi digitalisasi layanan, di antaranya dengan menghadirkan layanan tiket online di aplikasi ferizy dan website trip.ferizy.com, serta penerapan manajemen armada kapal untuk mengoptimalisasi kemudahan dan kenyamanan lebih bagi para penumpang.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin mengatakan, manajemen berkomitmen untuk menghadirkan pelayanan prima, khususnya untuk kelancaran akses transportasi penyeberangan dan kenyamanan pengguna jasa demi memastikan kepentingan umum terlayani dengan baik.

“Sebagai contoh, transformasi digital yang kami lakukan tidak hanya meningkatkan produktivitas, tapi juga memberikan pengalaman dengan memberikan kemudahan pembelian tiket kapal ferry di mana saja dan kapan saja,” ujarnya, melalui keterangan tertulis, Minggu (28/7/2024).

Salah satu inovasi utama ASDP ini telah diterapkan di 33 pelabuhan. Dengan sistem ini, penumpang dapat memesan tiket secara mudah dan cepat tanpa harus antre di loket. Bahkan, digitalisasi ini sudah merambah ke wilayah Indonesia Timur.

ASDP juga memperkenalkan digitalisasi pada berbagai aspek operasionalnya. Misalnya, penggunaan teknologi untuk manajemen armada kapal, pemantauan kondisi pelabuhan secara real-time dan pengelolaan logistik yang lebih efisien.

“Penerapan manajemen kapal saat ini telah menggunakan aplikasi monitoring armada, dimana data acquisition jadi jauh lebih cepat dan terorganisir. Harapannya data kita olah menjadi informasi dan informasi itu mampu menjadi keputusan operasional,” kata Shelvy.

Dengan meningkatnya produksi pengguna jasa, ASDP mencatat pendapatan konsolidasi Rp2,560 triliun pada semester I-2024, meningkat 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Laba yang dibukukan juga mencapai Rp356 miliar, menunjukkan efektivitas dari berbagai inovasi digital yang diterapkan.

“Sebagai bentuk komitmen kami menghubungkan masyarakat dan pasar, kami akan terus memperluas dan mengembangkan inisiatif digital untuk memastikan optimalisasi pelayanan prima,” tegasnya.

Selain itu, ASDP juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui evaluasi berjangka dan respon terhadap aspirasi pelanggan, seperti pengadaan access bridge yang menghubungkan terminal eksekutif dan reguler di pelabuhan utama milik ASDP di Merak dan Bakauheni yang memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna jasa yang berjalan kaki tanpa perlu melewati jalur yang biasa dilewati kendaraan.

“Kami selalu berusaha untuk mendengar dan memahami kebutuhan pelanggan. Digitalisasi adalah salah satu cara kami untuk memastikan bahwa layanan yang kami berikan selalu relevan dan memuaskan,” tutur Shelvy.

Sekadar diketahui, pada semester I-2024, ASDP mencatatkan pencapaian signifikan dengan melayani 5,89 juta penumpang dan 11,42 juta kendaraan, berkat implementasi digitalisasi di 33 pelabuhan seluruh Indonesia. (ibs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button