Ekonomi

Komersialisasi Gas Bumi Dianggap Masih Belum Optimal

INDOPOSCO.ID – Direktur Eksekutif Refominer Institute Komaidi Notonegoro menilai upaya komersialisasi gas bumi masih perlu dioptimalkan terutama bagi para pemangku kepentingan.

Dia berpendapat tiga kementerian terkait yaitu kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Keuangan masih memiliki pandangan yang berbeda terkait harga gas bumi.

“Ini tentunya menjadi pekerjaan rumah, karena selama tidak ada kesepahaman maka akan berpengaruh kepada komersialiasi gas bumi di Indonesia, padahal kebutuhan gas bumi diperkirakan akan terus bertambah dalam 10 tahun ke depan,” ujar dia dalam kegiatan Forum Gas Bumi 2024 di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Kebijakan harga gas bumi tertentu (HGBT) diyakini menjadi salah satu kunci agar komersialiasi gas bumi dapat lebih optimal. Pasalnya, HGBT dapat menentukan nilai keekonomian suatu proyek.

Oleh sebab itu, diperlukan kesepahaman antara Kementerian terkait, produsen gas dan pengguna gas bumi.

Dia mengamini tujuan pemerintah memberikan harga gas murah untuk industri memiliki tujuan yang baik. Namun demikian, pemerintah juga perlu memperhatikan keberlangsungan industri lainnya.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button