Ekonomi

Pameran AKI Angkat Kreativitas Lokal ke Pentas Dunia

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) RI secara resmi memulai rangkaian pelaksanaan pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) tahun 2024.

Pameran AKI 2024 ini akan diselenggarakan di 12 kota, dengan jadwal di Bekasi (31 Mei-2 Juni), Singkawang (31 Mei-2 Juni), Serang (7-9 Juni), Ternate (7-9 Juni), Denpasar (14-16 Juni), Blitar (21-23 Juni), Palu (28 Juni-1 Juli), Toba (5-7 Juli), Magelang (12-14 Juli), Tanjung Pinang (2-4 Agustus), Labuan Bajo (9-11 Agustus) dan ditutup di Merauke (9-11 Agustus).

Pameran ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia. Melalui pameran ini, Kemenparekraf berupaya meningkatkan jejaring dan kolaborasi antar pelaku industri kreatif, menginspirasi generasi muda dan mempromosikan produk kreatif lokal agar dapat bersaing di pasar global.

Ada 4 tujuan dari pameran ini, pertama untuk meningkatkan visibilitas dan apresiasi terhadap produk kreatif lokal melalui berbagai media. Harapannya, dengan memperluas publikasi dan promosi, produk-produk kreatif lokal dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat.

Kedua, untuk memfasilitasi kolaborasi antara pelaku industri kreatif dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta dan komunitas kreatif. Hal ini diharapkan dapat menciptakan jejaring yang kuat dan mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.

Ketiga, menginspirasi dan mendorong generasi muda untuk berinovasi dan terlibat dalam ekonomi kreatif. Dengan memberikan contoh sukses dan ruang untuk berkreasi, pameran ini diharapkan dapat menjadi sumber motivasi bagi para pemuda. Terakhir, mendorong penguatan ekonomi nasional melalui peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif dan perluasan akses pasar.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button