Ekonomi

Rupiah Masih Terus Melemah Menanti Keputusan Bank Indonesia

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (17/11) pagi masih terus melemah seiring pelaku pasar yang menantikan keputusan Bank Indonesia (BI) pada hari ini.

Rupiah pagi ini melemah 64 poin atau 0,41 persen ke posisi Rp15.664 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.600 per USD.

“Jika Bank Indonesia kembali menaikkan nilai suku bunga, maka hal ini berpotensi mendorong penguatan rupiah terhadap dollar walaupun terdapat risiko terganggunya pertumbuhan ekonomi akibat kenaikan suku bunga acuan,” ucap Analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) Revandra Aritama saat dihubungi di Jakarta, Kamis (17/11), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga : Rupiah Awal Pekan Menguat Ditopang Data Pertumbuhan Ekonomi

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada pertengahan Oktober 2022 lalu memutuskan untuk kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) dari 4,25 persen menjadi 4,75 persen, setelah pada bulan sebelumnya turut meningkatkan bunga acuan dengan besaran yang sama.

Selain bunga acuan, bank sentral turut menaikkan suku bunga deposit facility dan lending facility masing-masing sebesar 50 bps menjadi 4 persen dan 5,5 persen.

Revandra menyampaikan pernyataan pejabat The Fed pada awal pekan kemarin membuat dolar kembali menekan rupiah setelah pekan lalu dolar AS sempat melemah setelah pengumuman inflasi AS yang mulai turun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button