Ekonomi

Ketua IMF Soroti “Perubahan Mendasar” Ekonomi Global

INDOPOSCO.ID – Ketua Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan Kamis (6/10/2022) ada “perubahan mendasar” dalam ekonomi global, mendesak negara-negara buat menurunkan inflasi, menerapkan kebijakan fiskal yang bertanggung jawab, dan bersama-sama mendukung negara- negara emerging market dan berkembang.

Ekonomi global bergerak “dari dunia yang relatif mudah diprediksi-dengan kerangka kerja berbasis aturan untuk kerja sama ekonomi internasional, suku bunga rendah, dan inflasi rendah… ke dunia dengan lebih banyak kerapuhan-ketidakpastian yang lebih besar, volatilitas ekonomi yang lebih tinggi, konfrontasi geopolitik dan bencana alam yang lebih sering dan menghancurkan,” kata Ketua IMF Kristalina Georgieva dalam pidato pembuka menjelang Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia 2022 yang dijadwalkan minggu depan.

Menekankan urgensi untuk menstabilkan ekonomi, Georgieva mencatat bahwa prospek global telah digelapkan oleh berbagai guncangan, diantaranya perang dan inflasi menjadi lebih persisten.

Baca Juga : Transformasi Digital dan Inovasi Teknologi Buka Loker di China

IMF telah menurunkan proyeksi pertumbuhannya sudah tiga kali sejak Oktober tahun lalu, menjadi hanya 3,2 persen untuk 2022 dan 2,9 persen untuk 2023, kata ketua IMF, menambahkan bahwa lembaga global itu akan menurunkan pertumbuhan untuk tahun depan dalam Prospek Ekonomi Dunia yang diperbarui pekan depan.

“Kami akan menandai bahwa risiko resesi meningkat,” katanya. IMF memperkirakan bahwa negara-negara yang menyumbang sekitar sepertiga dari ekonomi dunia akan mengalami setidaknya dua kuartal berturut-turut kontraksi tahun ini atau tahun depan.

“Dan, bahkan ketika pertumbuhan positif, itu akan terasa seperti resesi karena pendapatan riil menyusut dan harga-harga naik,” tambahnya, eperti dikutip dari Antara, Jumat (7/10/2022).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button