Ekonomi

Kalsel Ekspor Perdana 1.026 Batang Tanaman Anthurium ke Thailand

INDOPOSCO.ID – Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan ekspor perdana sebanyak 1.026 batang tanaman hias jenis anthurium ke Thailand yang dilakukan para petani milenial untuk mendukung Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) yang digelorakan Kementerian Pertanian.

“Selamat kepada pengekspor anthurium telah berhasil menjalin kerja sama dengan pengimpor di Thailand,” kata Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin Nur Hartanto di Banjarmasin, Selasa (20/9).

Sebelum diterbangkan ke “Negeri Gajah Putih”, anthurium yang dikemas dalam 10 boks itu diperiksa oleh pejabat Karantina yang bertugas di Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Pemeriksaan dilakukan terhadap dokumen fisik, jumlah dan kesehatan untuk memastikan komoditas yang diekspor sudah sesuai dengan persyaratan teknis negara tujuan yaitu bebas dari material tanah dan bebas dari organisme pengganggu tumbuhan (OPT) atau organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK).

Baca Juga: Tingkatkan Indeks Pertanaman dan Produksi Padi dengan Benih Super Genjah

“Setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan dokumen lengkap dan tanaman sehat, sehingga dapat diterbitkan phytosanitary certificate atau sertifikat kesehatan tanaman,” jelas Hartanto seperti dikutip Antara, Selasa (20/9/2022).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button