Ekonomi

Tingkatkan Indeks Pertanaman dan Produksi Padi dengan Benih Super Genjah

Kementan

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan produksi tanaman pangan khususnya padi melalui perbaikan sistem budidaya dan pemanfaatan teknologi yang tepat, salah satunya dengan penggunaan benih padi super genjah. Sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, untuk mengantisipasi kelangkaan pangan akibat dampak cuaca ekstrim global, perlu dilakukan upaya yang luar biasa melalui terobasan baru dan perlunya keterlibatan semua pihak agar berkontribusi terhadap upaya pencapaian ketahanan pangan.

Kepala Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (PPMBTPH), Warjito menyebutkan pertanian sangat penting dalam rangka penyediaan pangan bagi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia. Penghargaan yang diberikan IRRI (International Rice Research Institute) kepada pemerintah Indonesia atas keberhasilannya mencapai swasemba beras, tidak terlepas berkat dukungan para petani yang terus bersemangat meningkatkan produksi dalam rangka penyediaan pangan bagi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia.

“Saya Direktorat Jenderal Tanaman Pangan memberikan bantuan benih padi sangat genjah varietas Cakrabuana sebanyak 2,5 ton untuk luasan 100 hektar. Benih ini adalah label ungu, silahkan ditanam dan dikawal oleh PPL (penyuluh pertanian lapang) serta PBT (pengawasa benih tanaman) untuk disertifikasi dan dijadikan benih kembali sehingga kebutuhan benih sangat genjah di kecamatan Jekulo ini bisa tercukupi,” kata Warjito pada acara Farm Field Day di Desa Sidomulyo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, pada Rabu (14/9/2022).

Kegiatan farm field day ini diawali panen padi varietas Inpari 32 seluas 100 hektar. Farm field day dihadiri dari Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pertanian Kabupaten Kudus, Danramil Jekulo, petani, penyuluh serta mahasiswa.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto mengucapkan terima kasih kepada Kementan yang telah memberikan bantuan benih benih padi super genjah. Benih ini sangat tepat karena sesuai dengan kebutuhan petan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button