Ekonomi

Bea Cukai Bawa UMKM Naik Kelas, Ekonomi Tancap Gas

INDOPOSCO.ID – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran besar dalam meningkatkan perekonomian dan menjamin kesejahteraan masyarakat Indonesia. Bea Cukai, sebagai instansi kepabeanan yang mengemban fungsi industrial assistance dan trade facilitator meyakini bahwa peningkatan ekspor dari sektor UMKM akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga terus mendukung kemajuan UMKM.

Sebagai perwujudan dukungan kepada UMKM, Bea Cukai menginisiasi kegiatan bertajuk UMKM Week 2022, dengan tema “UMKM Naik Kelas, Ekonomi Tancap Gas”. Kegiatan berskala nasional tersebut dilaksanakan serentak oleh seluruh unit vertikal Bea Cukai mulai 20 Juni 2022 dan mencapai puncaknya pada tanggal 12 Agustus 2022 ini, bertepatan dengan Hari UMKM Nasional.

Melalui UMKM Week 2022, Bea Cukai mengajak masyarakat untuk lebih mengenal UMKM, memperkenalkan para pelaku UMKM terhadap peran Bea Cukai dan instansi terkait lainnya, serta menambah pemahaman para pelaku UMKM akan berbagai fasilitas yang disediakan pemerintah untuk membantu kemajuan UMKM.

Berita Terkait

Gelaran acara puncak UMKM Week 2022 yang dilaksanakan di Kantor Pusat Bea Cukai diisi dengan serangkaian kegiatan yang diikuti oleh pelaku UMKM dan masyarakat umum, seperti seminar yang membahas fasilitas ekspor untuk UMKM, pengelolaan keuangan bagi UMKM, dan talkshow kiat-kiat UMKM tembus pasar internasional.

Selain itu, turut disediakan booth Klinik Ekspor, yang merupakan layanan konsultasi ekspor oleh petugas Bea Cukai untuk mendorong minat para pelaku UMKM yang memiliki keunggulan kompetetif dan potensi untuk melaksanakan ekspor. Di Klinik Ekspor, petugas Bea Cukai memberikan pelayanan informasi, pendampingan, dan pembekalan terkait prosedur dan regulasi ekspor.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani dalam acara puncak UMKM Week 2022 mengatakan rangkaian acara UMKM Week 2022 diikuti empat ribu peserta dan menjadi momen sosialisasi yang sangat baik untuk mengomunikasikan usaha pemerintah dalam mendukung kegiatan UMKM.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button