Ekonomi

Masyarakat Didorong Aktif Manfaatkan Ekonomi Digital

Pemberdayaan Manusia

INDOPOSCO.ID – Potensi ekonomi digital Indonesia sangat besar, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan, prognosis pada tahun 2025 mencapai USD146 miliar. Bahkan pada tahun 2030, bisa mencapai USD315 miliar atau setara dengan 42 persen ekonomi digital ASEAN.

Oleh karena itu, Johnny mendorong masyarakat mengambil bagian secara aktif dalam pengembangan ekonomi digital untuk mewujudkan pemberdayaan manusia dalam tranformasi digital atau human centered digital development.

“Itu sangat besar (potensinya). Sekarang menjadi tugas sekaligus tantangan bagi kita semua mengambil bagian aktif sehingga manfaat ekonomi yang tumbuh dan berkembang dengan pesat bisa dinikmati seluruh masyarakat. Secara khusus masyarakat menengah bawah atau small medium and micro enterprises. Nah itu yang harus kita dorong bersama,” ungkapnya usai membuka Pertemuan Ketiga Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (20/7/2022).

Johnny menyatakan saat ini, Pemerintah bersama operator telah membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari hulu sampai hilir. Selanjutnya perlu diimbangi dengan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan Infrastruktur digital di sektor hilir.

“Itu bekerja sungguh-sungguh, Bapak Presiden sendiri memberikan direktifnya sangat jelas untuk memastikan penggelaran infrastruktur di semua layer, menjangkau seluruh wilayah tanah air kita. Dalam Kabinet Indonesia Maju, pembangunan infrastruktur hulu itu harus diimbangi dengan kemampuan memanfaatkannya di sektor hilir,” tuturnya.

Menkominfo menyatakan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran dan merata agar bisa dimanfaatkan masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah juga mendorong pengembangan dan pembangunan sumberdaya manusia digital.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button