Ekonomi

Kominfo Dukung Transformasi Digital Bidang Akuntansi

INDOPOSCO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung transformasi digital pada sektor akuntansi, teknologi digital diprediksi menjadi perangkat utama untuk memperkuat profesi akuntan.

“Kebutuhan adaptasi teknologi dan perubahan tren pada bidang akuntansi semakin nyata dan dapat dilihat dari perubahan ujian Certified Public Accountant (CPA) pada tahun 2021,” kata Staf Khusus Menkominfo Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia, Dedy Permadi, seperti dikutip dari keterangan pers diterima di Jakarta pada Rabu (13/7)

Hal itu dikatakan Dedy dalam acara Konferensi Regional Akuntansi (KRA) IX yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Selasa (12/7).

Pemanfaatan teknologi diprediksi menjadi penggerak dalam bidang akuntansi, misalnya melalui penggunaan mahadata (big data), komputasi awan (cloud computing) dan blockchain.

Baca Juga : Pemerintah Dinilai Telah Manfaatkan Digital untuk Majukan UMKM

Menurut Dedy, tiga tahun ke depan diperkirakan 58 persen akuntan profesional menggunakan perangkat lunak seperti kecerdasan buatan (AI) dan robotic process automation (RPA) untuk otomasi pencatatan, analisis dokumen dan penyiapan laporan.

Penggunaan teknologi digital diyakini bisa memperkecil kesalahan dan mengurangi beban kerja sehingga seorang akuntan bisa mengambil tanggung jawab lebih banyak sebagai penasihat. Indonesia juga menunjukkan urgensi adaptasi penggunaan teknologi digital bagi profesi akuntan di masa depan. Indonesia memerlukan bekal pengetahuan dan kemampuan untuk dapat menghadapi era transformasi digital.

“Indonesia saat ini memiliki kebutuhan akuntan profesional hingga 452.000 orang, sedangkan saat ini baru tersedia sekitar 53 ribu orang. Kebutuhan profesi akuntan masih tinggi dan perlu diisi dengan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan digital,” kata Dedy, dikutip dari Antara.

Kementerian Kominfo turut mendukung transformasi digital yang dapat mendorong perkembangan bidang akuntansi melalui Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024, dengan empat pilar utama transformasi digital, yakni Infrastruktur Digital, Pemerintah Digital, Ekonomi Digital, dan Masyarakat Digital.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button