Ekonomi

Lompatan Kerja Kementan Dalam Produksi Benih Unggul Padi Diapresiasi

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo mengapresiasi pengembangan benih unggul yang dihasilkan jajaran Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Kementerian Pertanian (Kementan) atas dihasulkannya varietas unggul yang bisa menghasilkan produksi padi 9-12 ton per ha. Menurutnya, pengembangan tersebut adalah lompatan besar dalam mendukung terwujudnya swasembada pangan.

“Saya yakin karena kita sudah 3 tahun ini tidak impor beras kita bisa swasembada beras dan akan segera kita capai. Katakanlah rata-rata 7 sampai 8 ton saja itu sudah sebuah lompatan yang sangat baik bagi stok ketersediaan pangan utamanya beras kita,” ujar Presiden di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Kementan, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

Jokowi menegaskan pengembangan benih padi sangat penting dalam rangka meningkatkan produksi padi nasional. Dia ingin, Indonesia sebagai negera besar mampu menguatkan sektor pangan agar terhindar dari kemungkinan adanya krisis pangan global.

“Kita tahu dunia sekarang ini sedang terjadi kekurangan pangan di mana-mana. Oleh sebab itu kita harus waspada memastikan ketersediaan pangan kita masih pada kondisi yang aman. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa yang namanya benih itu sangat penting sekali dalam rangka menaikkan produksi beras kita di setiap hektarnya,” katanya.

Baca Juga: Ekspor Porang ke China Dilepas Kembali

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button