Ekonomi

Tips Menarik Minat Konsumen bagi UMKM Lokal

INDOPOSCO.ID – Bagi banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya yang baru merintis bisnis di era digital saat ini, strategi menarik minat konsumen adalah kunci untuk mendukung pertumbuhan dan kesuksesan bisnis yang dijalankan, termasuk di platform lokapasar.

Salah satunya adalah menyediakan metode pembayaran yang mudah dan terpercaya bagi konsumen dalam bertransaksi. Berdasarkan Laporan Statistik e-Commerce 2021 yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), transfer bank adalah salah satu metode pembayaran yang paling sering digunakan oleh pelaku e-dagang atau bisnis digital.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia Hilda Fachrizah, S.E., M.M., dan Co-Founder Creative Director jenama sepatu PVRA Kara Nugroho membagikan beberapa tips efektif bagi para pelaku bisnis untuk menarik minat konsumen.

Hilda, dosen Perilaku Ekonomi dan Riset Terapan di FEB UI, mengajak para pelaku bisnis untuk cermat memanfaatkan metode pembayaran yang efektif untuk mendukung pertumbuhan bisnis mereka, serta pentingnya aktif mengedukasi pelanggan tentang manfaat berbagai layanan untuk meningkatkan produktivitas mereka.

“Agar dapat terus berkembang dan memastikan keberlangsungan bisnis, pelaku UMKM membutuhkan berbagai dukungan dari banyak pihak. Mengingat pelaku UMKM yang beroperasi di ranah digital cenderung masih mengandalkan transfer bank untuk melakukan transaksi dengan pelanggan mereka, dibutuhkan sarana atau layanan yang mudah, terpercaya, dan dapat mendorong minat pelanggan untuk bertransaksi,yang pada akhirnya akan meningkatkan transaksi pelanggan dan membawa keuntungan bagi pelaku UMKM,” jelas Hilda dikutip dari siaran resmi Shopee yang diterima di Jakarta, Rabu (22/6), dikutip dari Antara.

Sementara itu, Kara menuturkan tiga strategi utama bagi pelaku UMKM dalam menarik minat konsumen dan mengembangkan bisnis mereka.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button