Ekonomi

Inflasi Melonjak, Argentina Naikkan Suku Bunga 300 Basis Poin

INDOPOSCO.ID – Bank sentral Argentina menaikkan suku bunga acuannya paling tinggi dalam tiga tahun pada Kamis (16/6/2022), menyusul kenaikan besar-besaran oleh Federal Reserve AS dan ketika negara Amerika Selatan itu memerangi inflasi setinggi langit yang berjalan di atas 60 persen.

Bank sentral menaikkan suku bunga acuan Leliq sebesar 300 basis poin menjadi 52 persen, kenaikan paling tajam sejak 2019, mengutip meningkatnya persepsi risiko keuangan, melonjaknya harga-harga global dan kebutuhan untuk memacu tabungan dalam mata uang peso lokal yang terpukul keras.

Langkah Argentina, yang mengalami salah satu tingkat inflasi tertinggi secara global, terjadi ketika bank-bank sentral di seluruh Eropa dan di tetangga raksasa Brazil telah menaikkan suku bunga dalam beberapa hari terakhir untuk melawan kenaikan harga-harga.

“Kenaikan suku bunga bertindak terutama dengan mendorong tabungan dalam peso,” kata bank sentral, menambahkan pihaknya akan terus mengkalibrasi kebijakan moneter dengan memperhatikan inflasi, seperti dikutip Antara, Jumat (17/6/2022).

Awalnya didorong oleh melonjaknya harga minyak setelah invasi Rusia ke Ukraina, inflasi global telah meluas ke segala hal mulai dari makanan hingga jasa-jasa dengan angka dua digit di beberapa negara di seluruh dunia.

Argentina, pengekspor biji-bijian utama yang mencoba membangun kembali cadangan mata uang asingnya yang terkuras, melihat harga- harga naik 5,1 persen pada Mei saja dan banyak yang mengantisipasi inflasi tahunan mencapai di atas 70 persen tahun ini, hambatan besar pada tabungan dan upah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button