Ekonomi

BOJ Harus Bertindak Sejalan Bank Sentral Global

INDOPOSCO.ID – Bank sentral Jepang harus menaikkan suku bunga untuk memastikan negara itu tidak akan sejajar dengan negara- negara lain di dunia dalam kebijakan moneternya, kata penasehat Perdana Menteri Fumio Kishida yang gagasannya kemungkinan mengilhami kerangka kerja kebijakan ekonomi perdana menteri itu.

Pemerintah Kishida harus mengeluarkan sebanyak 400 miliar dolar AS belanja publik selama lima tahun ke depan untuk meningkatkan investasi medis dan antibencana, George Hara yang juga pengusaha itu mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada Jumat (1/4/2022).

Visi Hara, yang mengepalai sebuah organisasi yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan di seluruh dunia, tampaknya menjadi tulang punggung agenda “kapitalisme baru” Kishida di mana perdana menteri mendorong distribusi kekayaan yang lebih besar.

Ketika Federal Reserve AS dan bank sentral lainnya bergerak maju dengan menaikkan suku bunga, bank sentral Jepang (BOJ) harus mengikuti untuk menghindari spread imbal hasil Jepang melebar terlalu banyak, menurut Hara, yang menerbitkan sebuah buku pada tahun 2009 juga disebut “Kapitalisme Baru”.

“Yen melemah karena perbedaan imbal hasil, jadi tidak ada masalah jika suku bunga di Jepang naik,” kata Hara, yang menambahkan bahwa kebijakan moneter Jepang harus bergerak sejalan dengan negara lain di dunia, seperti dikutip Antara, Selasa (5/4/2022).

Mempertahankan suku bunga di sekitar nol adalah negatif bagi banyak orang di Jepang yang mengandalkan tabungan atau pensiun untuk bertahan hidup, kata Hara. Dia menambahkan bahwa mereka yang akan dirugikan oleh suku bunga yang lebih tinggi di Jepang kemungkinan adalah pemain keuangan seperti hedge fund dan pedagang frekuensi tinggi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button