Ekonomi

Melalui ANJANI, P&G Indonesia Fasilitasi Pelaku Usaha Perempuan Jadi Mercusuar Wirausaha

INDOPOSCO.ID – Kewirausahaan memiliki peran penting dalam mendukung dan mendorong perekonomian negara. Sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin modern, kewirausahaan perempuan juga semakin meningkat dan semakin kuat, terutama dalam membangun dan mengembangkan berbagai bidang usaha baik wirausaha atau entrepreneurship, serta di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Selain itu, ekonomi Indonesia terus beradaptasi dan berkembang ke arah yang lebih baik dalam pemerataan kesempatan bagi perempuan. Mengacu pada data dari Kementerian Keuangan, pada sektor UMKM, 53,76% nya didominasi oleh perempuan dengan kontribusi sebesar 61% terhadap perekonomian Indonesia. Melihat hal tersebut, jika lebih dari separuh UMKM dimiliki oleh perempuan, maka terdapat potensi yang dapat digali untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi mereka dengan menghapus hambatan partisipasi sehingga mereka dapat meningkatkan dan mempertahankan bisnis.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh perempuan dalam mengembangkan bisnis yang mereka miliki. Beberapa hal kerap kali menjadi hambatan, diantaranya tersedianya sarana pelatihan dan akses terhadap kerja sama jangka panjang.

Baca Juga : Industri Minyak Goreng Diwajibkan Jaga Pasokan untuk UMKM

Dilatarbelakangi hal tersebut, Procter & Gamble (P&G) berkolaborasi dengan WEConnect International kembali menyalakan semangat serta menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung keberagaman, inklusi serta kesetaraan gender melalui program ANJANI – Pelaku Usaha Perempuan #RaihSuksesmu yang merupakan episode kedua dari ANJANI yang sebelumnya telah diadakan pada tahun 2020.

Melalui ANJANI, Pelaku Usaha Perempuan #RaihSuksesmu, fokus P&G adalah untuk membantu menghilangkan hambatan ekonomi bagi perempuan melalui langkah-langkah berkelanjutan dan berbagai upaya advokasi. ANJANI akan menyediakan tempat bagi pengusaha wanita untuk terhubung dan membantu mereka melalui serangkaian bimbingan dan pengembangan yang dirancang khusus untuk wanita, termasuk topik-topik seperti strategi pertumbuhan bisnis, pembangunan merek, keterampilan kepemimpinan, sumber daya manusia, dan pengadaan dengan para ahli dari internal dan eksternal P&G.

Berkolaborasi dengan WEConnect International, P&G berkomitmen untuk memastikan bisnis milik wanita menjadi bagian yang berkembang dari ekosistem mitra eksternal perusahsaan. Selain itu, selaras dengan P&G Women Entrepreneurs Academy yang telah diluncurkan di berbagai negara dimana P&G beroperasi, ANJANI akan memainkan peran penting dalam menerjemahkan praktik terbaik P&G secara global ke dalam kebutuhan dan tantangan lokal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button