Ekonomi

Ketika Onderdil Motor Bekas Disulap Jadi Produk Kreatif

INDOPOSCO.ID – Seorang warga Kota Malang, Jawa Timur, Hariyanto (50) memanfaatkan onderdil atau suku cadang bekas menjadi sebuah peluang usaha dengan membentuknya menjadi hiasan dinding dan dijual untuk menambah pendapatan.

Hariyanto, di Kota Malang, Sabtu mengatakan bahwa suku cadang bekas yang kebanyakan berasal dari sepeda motor tersebut, dirakit dan digabungkan sedemikian rupa untuk dijadikan hiasan dinding yang menarik dan memiliki nilai ekonomi.

“Saya memang fokus pada bengkel las pagar. Sementara untuk merangkai onderdil bekas ini hanya saya jadikan pekerjaan sampingan,” katanya.

Heriyanto mengatakan, ia sempat tidak fokus pada pekerjaannya tersebut akibat insiden yang terjadi pada saat mengerjakan pesanan di Sawahlunto, Sumatera Barat. Insiden tersebut menyebabkan kaki kirinya harus diamputasi pada 2014 lalu.

Saat ini, ia kembali fokus untuk mengembangkan usaha bengkel las untuk pembuatan pagar tersebut dan pada saat mendapatkan waktu luang atau pada saat pesanan sepi, ia mengisinya dengan membuat sejumlah hiasan dinding menggunakan suku cadang bekas tersebut.

Hariyanto menjelaskan, onderdil bekas tersebut mayoritas didapat dari teman-temannya yang memiliki usaha bengkel. Suku cadang bekas yang biasanya ia pergunakan antara lain adalah rantai, busi, penutup karburator, per dan sejumlah suku cadang lainnya.

Onderdil tersebut kemudian ia rangkai dan direkatkan menggunakan lem pada media kayu atau seng. Hiasan dinding yang dibuat dari suku cadang bekas tersebut bermacam-macam seperti tank, motor, lokomotif dan helikopter yang dibingkai untuk hiasan dinding.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button