Ekonomi

Rusia Invasi Ukraina, Komoditas Global Naik

INDOPOSCO.ID – Harga-harga komoditas global melonjak ke level tertinggi multi-tahun pada Kamis, karena Rusia meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina, dengan harga merespon secara spontan meskipun aliran ekspor minyak, gas, biji-bijian dan logam Rusia ke Barat stabil.

Harga minyak naik di atas 100 dolar AS per barel untuk pertama kalinya sejak 2014, harga gas Inggris dan Belanda naik 30 persen-40 persen dan gandum berjangka di Chicago melonjak ke level tertinggi 9,5 tahun. Demikian dilaporkan Antara, Kamis (24/2/2022).

Rusia memasok 10 persen minyak global, sepertiga gas Eropa dan, bersama dengan Ukraina, menyumbang 29 persen ekspor gandum global dan 80 persen minyak bunga matahari dan 19 persen ekspor jagung.

Rusia juga merupakan produsen utama aluminium, nikel, platinum, paladium, uranium, titanium, batu bara, kayu, dan pupuk.

Baca Juga: Rusia Lumpuhkan Infrastruktur Militer Ukraina

Negara ini memasok volume yang signifikan dari gas ke Eropa melalui Ukraina, terutama ke negara-negara seperti Austria, Italia dan Slovakia serta Jerman dan Polandia meskipun yang terakhir mendapatkan sebagian besar gas Rusia mereka melalui rute lain.

Rusia melancarkan invasi habis-habisan ke Ukraina melalui darat, udara dan laut pada Kamis, serangan terbesar oleh satu negara terhadap negara lain di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button