Ekonomi

Proyek Kereta Cepat Gunakan Teknologi Pengelasan Mutakhir

INDOPOSCO.ID – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan mesin pengelasan dengan teknologi mutakhir yaitu UN-200 untuk proses penyambungan rel.

Presiden Direktur KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam pernyataan di Jakarta, Selasa, mengatakan mesin ini dipakai untuk pengelasan rel dengan mengadopsi metode Flash-butt Welding yang dikenal sebagai salah satu metode terbaik untuk pengelasan di industri perkeretaapian.

“Kereta Cepat ini kan nanti akan melaju sampai 350 km/ jam. Jadi lintasannya harus yang terbaik. Untuk itu, dalam proses penyambungan dan pengelasan, kami menggunakan metode Flash- butt welding dengan mesin UN-200,” katanya, sseperti dikutip Antara, Selasa (15/2/2022).

Ia mengatakan tenaga ahli bersertifikasi khusus untuk pengelasan rel dengan mesin UN- 200 ini awalnya menggunakan operator dari China.

Baca Juga : KCIC Nilai Rencana Pemindahan IKN Tidak Pengaruhi Potensi Penumpang

Namun, menurut dia, sejalan dengan proses transfer teknologi yang berjalan baik, saat ini tenaga kerja lokal sudah bisa mengoperasikan mesin UN-200 tersebut.

Fasilitas dan Workshop Pengelasan Rel Kereta Cepat Jakarta Bandung dengan UN-200 berada di Area Workshop Welding Factory seluas 8,4 hektare yang berada di Kawasan Tegalluar, Bandung Timur.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button