Ekonomi

Bea Cukai Upayakan Akselerasi Ekspor Komoditas Unggulan Daerah

INDOPOSCO.IDBea Cukai berupaya mendorong ekspor komoditas unggulan daerah. Untuk mengakselerasi hal tersebut, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah pun menjalin sinergi dengan beberapa instansi terkait.

Kepala Sub Direktorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Rabu (26/01) mengatakan, sinergi ekspor daerah tercermin dari pelaksanaan kunjungan kerja Bea Cukai Palangkaraya ke Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangkaraya.

“Dalam kunjungan yang terlaksana pada tanggal 11 Januari 2022 lalu tersebut, Kepala Kantor Bea Cukai Palangkaraya yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Palangkaraya, Togap Maruasas berdiskusi dengan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Provinsi Kalimantan Tengah, Iyus Hidayat untuk membahas syarat ekspor produk gaharu, yang sedang kami gali potensi ekspornya,” jelas dia.

Dijelaskan Hatta, gaharu adalah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Dengan adanya kegiatan tersebut, Hatta berharap dapat menjadi awal kerja sama antara kedua pihak dalam menggerakan ekspor di Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca Juga : Optimalkan Layanan, Bea Cukai Juanda Luncurkan Program Kawan Migran

Tak hanya dengan lembaga negara, sinergi ekspor juga dijalin Bea Cukai dengan pemerintah daerah melalui kunjungan koordinasi.

“Pada 21 Januari 2022, Bea Cukai Kediri melakukan kunjungan koordinasi ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nganjuk serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka menjalin sinergi untuk memberikan asistensi terhadap para pelaku usaha, khususnya para pengusaha UMKM di wilayah Kediri, Nganjuk, dan Jombang,” terang Hatta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button