Ekonomi

Mentan SYL Dorong Petani Gunakan KUR Sebagai Modal Utama dalam Usaha

INDOPOSCO.ID Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak para petani Indonesia untuk menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai permodalan utama dalam menumbuhkan ekonomi di tengah pandemi.

Menurut Mentan, penggunaan KUR akan membuat pelaku usaha lebih berkembang dan bisa membuka banyak lapangan kerja.

“Saya selalu katakan pertanian itu membuka lapangan kerja dan dengan adanya KUR, roda perekonomian dasar masyarakat kembali bergerak saat pandemi ini,” ujar Mentan, Minggu, (23/1/2022).

Baca Juga : Ini Cara Menaikkan Kelas Singkong Jadi Pangan Bernilai Jual Tinggi

Mentan mengatakan penggunaan KUR juga bisa membuat produktivitas dan kesejahteraan petani makin meningkat. Apalagi pemerintah telah menyiapkan berbagai perlengkapan modern seperti teknologi dan mekanisasi dalam melakukan produksi.

“Dengan penggunaan KUR maka akselerasinya pertanian kita jauh lebih kuat dan cepat. Dengan begitu kesejahteraan petani juga akan meningkat,” katanya.

Sebagaimana diketahui, realisasi KUR pertanian tahun 2021 mencapai Rp85,5 triliun atau 122 persen dari target Rp70 triliun dan melibatkan 2,6 juta debitur. Capaian ini naik lebih tinggi dibandingkan capaian KUR pertanian 2020 yang hanya sebesar Rp55 triliun. KUR pertanian 2021 mencakup KUR tanaman pangan Rp23,0 triliun terutama untuk padi, jagung, ubi kayu, penggilingan. KUR perkebunan Rp29,7 triliun, KUR peternakan Rp15,5 triliun, KUR hortikultura Rp10,8 triliun serta KUR untuk jasa pertanian dan lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button