Ekonomi

Koperasi Pailit Disinyalir Karena Salah Para Pengurus

INDOPOSCO.ID – Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) Koperasi Bermasalah Yudhi Wibhisana menduga koperasi yang mengalami pailit disebabkan kesalahan para pengurus koperasi. Dia menceritakan ada sebuah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang hanya memiliki anggota penyimpan tanpa anggota peminjam, padahal KSP semestinya mempunyai dua unsur anggota tersebut.

“Ke mana uangnya? Uangnya malah diinvestasikan ke perusahaan kontraktor, perusahaan properti, dan perusahaan pengangkutan,” ujarnya dalam sebuah webinar di Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Untuk mengetahui lebih lanjut, dia menanyakan ketua KSP yang dimaksud perihal bagaimana cara mengembalikan dana anggotanya. Ketua itu menanggapi bahwa pihaknya akan melakukan Initial Public Offering (IPO)/Penawaran Saham Perdana terhadap salah satu anak usaha yang ada di lini bisnis koperasi itu, sehingga pengembalian dana anggota dapat dilunasi dari hasil IPO.

Baca Juga: Jamkrindo Libatkan UMKM Dalam Rantai Pasok Pengadaan

“Pada saat dia mengatakan pengembalian simpanan anggota melalui IPO, itu sudah pasti bohong,” kata Yudhi yang juga berprofesi sebagai konsultan hukum.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button