Ekonomi

Ini Langkah Bea Cukai Optimalkan Penerimaan Sektor Cukai Hasil Tembakau

INDOPOSCO.ID – Tingginya potensi penerimaan negara dari sektor cukai hasil tembakau (HT), merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Menindaklanjuti hal tersebut, Bea Cukai secara kontinu menggelar kunjungan ke para pengusaha di bidang cukai HT untuk melakukan monitoring, evaluasi, dan asistensi.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana menekankan, kunjungan ke para pelaku usaha adalah langkah yang penting.

“Peran kita bukan hanya melayani, kita harus melakukan pendekatan untuk mengatahui berbagai kendala di lapangan. Lebih lanjut, kita akan mampu membuat kebijakan dan tindakan yang mendukung para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya,” imbuhnya.

Baca Juga : Bea Cukai Jakarta dan Polda Metro Jaya Amankan 450.000 Batang Rokok Tanpa Pita Cukai

Dalam rangka asistensi calon pengusaha di bidang cukai HT, Kanwil Bea Cukai Aceh melakukan kunjungan ke Hareukat Tani Desa Lambeugak, di Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (18/01). Dalam kunjungan tersebut Kanwil Bea Cukai Aceh menjelaskan berbagai syarat untuk menjadi pengusaha barang kena cukai (BKC), salah satunya harus memliki nomor pokok pengusaha barang kena cukai (NPPBKC).

Hatta menjelaskan bahwa setiap pengusaha BKC harus memiliki NPPBKC.

“NPPBKC adalah izin untuk menjalankan kegiatan sebagai pengusaha pabrik, pengusaha tempat penyimpanan, importir barang kena cukai, penyalur, atau pengusaha tempat penjualan eceran di bidang cukai,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button