Ekonomi

Menko Airlangga Minta Industri Kreatif Siap Bersaing Dengan Konten Luar

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah terus mendorong optimalisasi pertumbuhan industri kreatif Indonesia yang memiliki 8,2 jumlah usaha, antara lain dengan mengapresiasi perhelatan Wayang Youth Festival.

“Saya sangat mengapresiasi acara Wayang Youth Festival untuk membangkitkan industri kreatif Indonesia yang sekaligus menanamkan kebanggaan bagi anak muda kita untuk menciptakan karya yang memiliki nafas, identitas, dan budaya asli Indonesia, sehingga kita tampil berbeda dari konten luar negeri. Terlebih Wayang Kulit Indonesia telah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia yang Mengagumkan, hal ini perlu kita angkat terus dan kita lestarikan,” kata Menko Airlangga Hartarto seperti dikutip Antara, Sabtu (15/1/2022).

Baca Juga : Menko Perekonomian: Subsidi Bunga KUR untuk Optimalisasi PEN

Menurutnya, industri kreatif berbasis budaya Indonesia memiliki kelebihan di pasar domestik yang menjadi peluang bagi anak-anak bangsa untuk dapat menampilkan konten kreatif, sekaligus mendapatkan manfaat ekonomi. Namun demikian, pelaku industri kreatif juga harus siap bersaing dengan banjirnya konten-konten dari luar negeri.

“Kita harus dapat menghadapi krisis identitas dan budaya akibat masifnya konten tayangan budaya luar yang masih mendominasi di Indonesia dengan berbagai produk atau konten kreatif hasil anak bangsa kita sendiri,” ujar Menko Airlangga Hartarto.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button