Ekonomi

Bea Cukai Dorong Gebyar Ekspor Produk Pertanian dari 34 Provinsi

INDOPOSCO.ID – Tutup tahun 2021, Bea Cukai berperan aktif dalam mendorong kegiatan Gebyar Ekspor produk pertanian dari 34 provinsi di Indonesia, Kamis (30/12/2022). Kegiatan ekspor yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian ini, dilakukan ke 124 negara dengan perkiraan volume produk mencapai 1,3 juta ton dengan nilai sebesar Rp14,4 triliun.

Ekspor ini serentak dilepas oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dengan mengangkat tema “Ekspor Tangguh, Indonesia Tumbuh”, kegiatan ini terpusat di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta, Makassar, dan diikuti secara daring dari seluruh Indonesia.

Bea Cukai Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim) turut mendorong ekspor produk pertanian dari wilayah Sumatera Selatan. Dalam kegiatan Gebyar Ekspor ini, Provinsi Sumsel kembali mengekspor sejumlah komoditas pertanian dengan total 16,61 ribu ton senilai Rp244,4 miliar ke sejumlah negara. Beberapa komoditas tersebut diantaranya kayu olahan, mintak kelapa sawit, frozen fresh coconut milk, serabut kelapa, palm kernell shell, maggot dan kelapa bulat.

Baca Juga: Tutup Tahun 2021, Bea Cukai Layani Ekspor ke Berbagai Negara

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button