AQUA Japan Raih Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2021

INDOPOSCO.ID – AQUA Japan berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2021. Setelah berhasil meraih penghargaan untuk Top Innovation Choice Award 2021 untuk kategori lemari es, kini AQUA Japan mendapatkan penghargaan Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2021 kategori Creative Philantrophy.
Inovasi yang dilakukan AQUA Japan sehingga sukses meraih penghargaan ini adalah melalui program “AQUA Japan Peduli Banjir Kalsel”. AQUA Japan memberikan layanan cuci baju gratis, cek produk elektronik dan service gratis bagi korban banjir di daerah Handil Bhakti, Barito Kuala, Kalimantan Selatan yang dijalankan pada awal tahun 2021 lalu. AQUA Japan juga memberi donasi 10 mesin cuci untuk 10 tempat di Banjarmasin yaitu ke yayasan, panti asuhan, dan asrama mahasiswa.
“Kami sangat bangga sekali atas pencapaian penghargaan kategori Creative Philantrophy untuk program AQUA Japan Peduli Banjir Kalsel. Prestasi ini adalah bukti nyata komitmen dan kepedulian AQUA Japan terhadap masyarakat. Komitmen kami bukan hanya sebatas pada penjualan, namun bagaimana perusahaan juga dapat memberikan dampak bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata President Director AQUA Japan Indonesia, Kenji Sadayuki.dalam keterangan, Rabu (22/12/2021).
Penghargaan Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2021 ini digelar oleh Majalah MIX MarComm (SWA Media Group) menggunakan pendekatan Social Marketing. Program ini dibagi dalam delapan kategori, dengan merujuk pada prinsip-prinsip Marketing & Corporate Social Initiatives (MCSI) yang diperkenalkan oleh Philip Kotler dan pakar Social Marketing Nancy Lee, serta konsep Creating Shared Value (CSV) yang dikembangkan Michael Porter dan Mark Kramer.
Kriteria penilaian program mencakup pertama konsep, yakni objektif program dalam mendukung komitmen SDG’s (Sustainable Development Goals) atau biasa disebut Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, lalu kreativitas, dan inovasi. Kedua, eksekusi terkait penetapan target penerima manfaat tepat, organisasi penyelenggara solid, mitra pelaksana kredibel. Dan yang terakhir dampak, dalam hal ini seberapa besar kontribusi program terhadap perbaikan kehidupan penerima benefit, banyaknya penerima benefit, dan multi-flyer effect program.
Head of Marketing Department AQUA Japan Indonesia Glenn Manengkei mengatakan, AQUA Japan mengemas program CSI sesuai dengan kapabilitas perusahaan, yakni menciptakan kesehatan dan kesejahteraan dalam target SDG’s. Hal ini dielaborasikan melalui program CSI bertajuk “AQUA Japan Peduli Banjir Kalsel” dengan melakukan serangkaian kegiatan untuk membantu meringankan penderitaan warga yang terkena bencana banjir.
“Perusahaan diharapkan tidak hanya memikirkan profit, tapi juga punya kewajiban memperhatikan lingkungan dan dukungan dunia usaha saat ini sangat diperlukan untuk mencapai target SDG’s,” ujarnya.(ibs)