Ekonomi

Terus Dorong Ekspor Dalam Negeri, Bea Cukai Beri Asistensi kepada Pelaku Usaha

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka menggali potensi ekspor industri kecil menengah (IKM) dan menjalankan tugas fungsi sebagai industrial assistance, Bea Cukai Pasuruan dan Bea Cukai Madura melaksanakan sosialisasi dan asistensi terkait ketentuan dan fasilitas ekspor.

Bea Cukai Pasuruan memberikan asistensi dengan mendatangi IKM Mitra Tani Modern, yang bergerak di bidang pertanian dengan produk unggulan beras organik, bertempat di Keamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kepala Seksi PKC IV Bea Cukai Pasuruan, Danang Seno Bintoro bersama IKM melakukan diskusi terkait permasalahan yang dihadapi pelaku usaha selama ini. Selain itu, Bea Cukai Pasuruan juga menginformasikan kiat-kiat agar para pelaku usaha dalam negeri dapat menembus pasar internasional dengan mengekspor hasil produksinya.

Baca Juga : Kembali Gelar Operasi Pasar, Bea Cukai Serius Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Bea Cukai juga memberikan fasilitas berupa kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) berupa pembebasan bea masuk atas bahan baku atau bahan penolong dan/atau mesin untuk mengembangkan usahanya,” jelas Danang.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 110 /PMK.04/2019 tentang Pembebasan Bea Masuk dan Tidak Dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Impor Barang dan/atau Bahan, dan/atau Mesin yang Dilakukan oleh Industri Kecil dan Menengah dengan Tujuan Ekspor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button