Ekonomi

Dampak Covid-19, Exim Bank: Perekonomian Dunia Mulai Membaik

INDOPOSCO.ID – Pertemuan tahunan/annual meeting 26th Asian Exim Bank Forum (AEBF) telah dilaksanakan pada Selasa (2/11/2021). Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini dihadiri 11 Exim Bank di kawasan Asia dan Oceania bersama dengan observer tetap, yaitu Asian Development Bank.

Kali ini Türk Eximbank menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan acara annual meeting. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank turut hadir bersama Exim Bank lainnya, yakni Export Finance Australia, China Eximbank, India Eximbank, Japan Bank for International Cooperation, The Export-Import Bank of Korea, EXIM Bank of Malaysia, Philippine Guarantee Corporation, Export-Import Bank of Thailand, Türk Eximbank dan Vietnam Development Bank.

Turut hadir Direktur Pelaksana III LPEI, Agus Windiarto pada pertemuan tersebut dan terlibat dalam diskusi dengan 11 pimpinan Exim Bank negara sahabat mengenai dampak Covid-19 terhadap arus perdagangan dan investasi di Asia.

Dalam pemaparannya, pemerintah Indonesia melakukan beberapa langkah sebagai upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan fokus pada lima aspek, yaitu kesehatan, social protection, program prioritas, dukungan pada pelaku usaha dan pemberian insentif bisnis.

“Indonesia Eximbank terlibat dalam beberapa program pemerintah seperti Penjaminan Korporasi Pemerintah (JAMINAH), Program Investasi Pemerintah, dan Pembiayaan pada sektor strategis yang terdampak Covid-19,” ujarnya kepada media, Rabu (24/11/2021).

Selain itu, LPEI juga menerima penugasan khusus pemerintah untuk pengembangan sektor pariwisata, penugasan khusus kawasan, UKM, trade finance dan alat transportasi. Kerja sama melalui AEBF ini membawa benefit bagi LPEI, karena dapat berkolaborasi dalam proyek bersama.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button