Ekonomi

Rupiah Ditutup Melemah Tertekan Rencana Percepatan Tapering The Fed

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan ditutup melemah, tertekan rencana percepatan tapering oleh bank sentral Amerika Serikat The Fed.

Rupiah sore ini ditutup melemah 17 poin atau 0,12 persen ke posisi Rp14.249 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.232 per USD.

“USD mempertahankan penguatannya akhir-akhir ini di tengah pasar yang mencerna pernyataan dari pejabat Federal Reserve Christopher Waller,” kata Tim Riset Monex Investindo dalam kajiannya di Jakarta, Senin (22/11), dikutip dari Antara.

Berita Terkait

Waller mengatakan bank sentral harus mempercepat laju pengurangan pembelian obligasi untuk memberikan lebih banyak kelonggaran untuk menaikkan suku bunga dari level yang mendekat nol persen daripada yang diperkirakan saat ini jika tingginya inflasi dan berlanjut solidnya kenaikan jumlah tenaga kerja.

Sementara itu, pejabat The Fed lainnya yaitu Richard Clarida juga mengatakan bahwa “mungkin sangat tepat” untuk membahas percepatan penghentian pembelian aset ketika The Fed melakukan pertemuan berikutnya pada 14-15 Desember mendatang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button