Ekonomi

IHSG Menguat Tipis Meski Sempat Tertekan Naiknya Covid-19 di Eropa

INDOPOSCO.ID – Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal pekan ditutup menguat tipis, meski sempat tertekan naiknya kasus Covid-19 di Eropa.

IHSG menguat 3,12 poin atau 0,05 persen ke posisi 6.723,39. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 stagnan di posisi 963,64.

“Katalis negatif bagi IHSG hari ini yaitu terkoreksinya mayoritas indeks di bursa Wall Street seiring dengan munculnya kekhawatiran investor terhadap melonjaknya kasus Covid-19 di Eropa,” tulis Tim Riset Indo Premier Sekuritas dalam ulasannya di Jakarta, Senin (22/11), dikutip dari Antara.

Sementara itu katalis positif bagi IHSG hari ini yaitu surplusnya transaksi neraca berjalan kuartal III 2021 yang ditopang oleh surplus neraca perdagangan barang yang naik signifikan.

Transaksi berjalan pada kuartal III 2021 mencatat surplus USD4,5 miliar atau 1,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) setelah pada triwulan sebelumnya mengalami defisit USD2 miliar atau 0,7 persen dari PDB.

Kinerja positif itu didorong oleh surplus neraca barang yang meningkat akibat kenaikan ekspor nonmigas sejalan dengan masih kuatnya permintaan dari negara mitra dagang dan berlanjutnya kenaikan harga komoditas ekspor utama di pasar internasional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button