Ekonomi

Komitmen Jadi Lebih Baik, Pertagas Apresiasi Media Massa

INDOPOSCO.ID – PT Pertamina Gas (Pertagas) berkomitmen untuk terus memacu pengembangan program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) menjadi lebih baik lagi ke depan.

Tentu, dukungan pemangku kepentingan, terutama media massa dalam menginformasikan pelaksanaan program CSR Pertagas mendorong perusahaan untuk mengimplementasikan banyak program yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Pemberitaaan positif di media massa mengenai program CSR Pertagas menjadi penyemangat kami dan seluruh insan Pertagas untuk memacu pengembangan  program CSR agar penerima manfaat lebih banyak lagi,” ujar Corporate Secretary Pertagas, Fitri Erika, saat memberikan sambutan pada Penganugerahan Pemenang Pertagas CSR Creative Writing 2021 secara virtual, Jumat (19/11/2021).

Menurut Erika, media dan jurnalis adalah bagian penting dari keberhasilan Pertagas membangun dan mempertahankan brand image hingga kini. Kerja sama positif dengan media melalui lomba penulisan  kreatif tentang CSR Pertagas diharapkan bisa berlanjut terus.

“Media adalah pilar keempat demokrasi. Kritik dan saran dari media justru menjadi pelecut bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja dalam pengembangan CSR,” katanya.

Adapun, Pertagas CSR Writing Contest tahun ini diikuti lebih banyak jurnalis. Tak hanya jurnalis dari media nasional berbasis di Jakarta, peserta juga datang dari media dari Jawa Timur, Sumatera Selatan dan Kalimantan Timur.

Bahkan, antusiasme peserta Pertagas CSR Writing Contrest 2021 cukup tinggi dibandingkan tahun lalu. Tahun ini ada 51 naskah yang masuk ke panitia, sedangkan tahun lalu hanya 32 naskah. Antusiasme peserta yang lebih besar diikuti dengan materi liputan yang beragam.

Sementara, Manager Communciation, Relations & CSR Pertagas sekaligus Ketua Dewan Juri Pertagas CSR Writing Contrest 2021, Elok Riani Ariza mengumumkan enam pemenang kontes penulisan dan lima karya favorit dewan juri. Dewan juri menetapkan lima parameter penilaian, yaitu ide dan gagasan, gaya penulisan, media tayang, pemilihan narasumber dan penggunaan bahasa.

“Karya yang masuk mayoritas menginspirasi dan memberikan input positif bagi perusahaan,” tuturnya.

Keluar sebagai juara adalah Dolly Rosana dari Antara Biro Sumatera Selatan dengan judul tulisan ‘Jejak Langkah Desa Wisata Lembah Dewi Sri’. Peringkat kedua Anton Chrysbiantoro dari Koran Sindo dengan judul tulisan ‘Naik Kelas dengan Pendampingan Pertagas’, dan peringkat ketiga Edwin Agustyan dari Kaltim Post dengan tulisan berjudul ‘Kisah Kelompok Perempuan Matahari Binaan PT Pertagas Mendulang Rupiah di Tengah Pandemi, Andalkan Bahan Alami’.

Sementara itu, harapan satu Euis Rita Hartati dari Investor Daily dengan judul tulisan ‘Program Daya dari Hati Kala Sampah Menjadi Barang Bermakna’. Harapan dua Muhammad Hidayat dari Wartabromo dengan judul tulisan ‘Mustahid, Local Hero yang Kelola Sampah  hingga Hasilkan BSF’, dan harapan tiga Ridwan Harahap dari OGIndonesia dengan judul tulisan ‘Kisah Mak Edah Pindal Kawat Cinta Demi Para Lansia’.

Adapun lima karya favorit, yaitu Ismail Usman (Tribun Kaltim), Herdiyan (Bisnis Indonesia), Dwi Apriani (Media Indonesia), Rio Indrawan (Dunia Energi), dan Egenius Soda (Tambang).

“Mewakili manajemen Pertagas saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Jaya selalu untuk media di Indonesia,” tutur Elok.(ibs)

Back to top button