Ekonomi

Kemendag Jamin Ketersediaan Sembako Jelang Natal dan Tahun Baru

INDOPOSCO.ID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin ketersediaan tiga komoditas bahan pokok yakni minyak goreng, cabai merah dan kedelai jelang Perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Kami memastikan stoknya dan harganya terjangkau,” ujar Menteri Perdagangan M Lutfi seusai Rapat Koordinasi Nasional Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok Kota Bandung seperti dikutip Antara, Senin (15/11/2021).

Dikatakan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri telah berkoordinasi dengan 34 kepala dinas perindustrian dan perdagangan untuk memastikan kebutuhan barang pokok dan penting jelang natal dan tahun baru.

Baca Juga : Kemendag Tangkap Peluang Peningkatan Kinerja Ekspor Nonmigas

Dia mengatakan perkembangan harga bahan pokok jelang natal dan tahun baru dipengaruhi oleh perubahan iklim seperti cabai merah dan perkembangan komoditas yang dipengaruhi oleh kondisi global seperti minyak goreng dan kedelai.

“Sebagai contohnya minyak goreng. Minyak goreng sekarang mencapai level Rp16.000 sampai Rp17.000 untuk kemasan sederhana karena harga CPO (crude palm oil),” ujarnya.

Selain minyak goreng, lanjut Mendag, komoditas lain yang naik adalah telur ayam ras dan cabai merah.Untuk telur ayam ras, sebelumnya turun drastis kini harganya naik. Namun kenaikan ini menurutnya masih wajar mengingat ongkos dari peternak telur mencapai Rp 19.000 hingga Rp 21.000.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button