Ekonomi

Peningkatan Kemampuan Digital UMKM Percepat Digitalisasi Nasional

INDOPOSCO.ID – Peningkatan kapasitas dan kecakapan digital bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah sebuah keharusan demi mendorong percepatan digitalisasi nasional.

Ia menilai, pembinaan dan peningkatan skala dan kemampuan UMKM ini bisa terwujud dengan komitmen dan kolaborasi antara pemerintah dengan pihak lain tak terkecuali sektor swasta.

“Kami berkomitmen untuk membantu meningkatkan kapasitas para pelaku usaha khususnya para pelaku UMKM dalam memanfaatkan aplikasi berbasis teknologi digital untuk memasarkan produknya,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dalam jumpa pers daring, Kamis (21/10).

“Untuk itu, saya berharap ke depannya (pemerintah dan pihak swasta) dapat terus berperan aktif dalam mempercepat transformasi digital di sektor perdagangan Indonesia (melalui komitmen itu),” tambahnya.

Lebih lanjut Lutfi memaparkan, Indonesia adalah negara dengan populasi terbesar di dunia dengan lebih dari 197 juta orang yang memiliki akses internet. Angka ini diproyeksikan akan bertumbuh 257 juta orang pada 2050.

“Dengan jumlah tersebut, Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat besar dan jauh melebihi negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara,” tutur dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button