Ekonomi

BI: Pencatatan Keuangan Profesional jadi Pilihan Wajib UMKM untuk Naik Kelas

INDOPOSCO.ID – Permodalan menjadi aspek penting bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan skala bisnisnya. Kendati demikian, pelaku UMKM kerap terganjal mendapatkan pendanaan lantaran dianggap belum memiliki akses perbankan.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengatakan, akuntabilitas pencatatan keuangan memudahkan pelaku UMKM dalam mendapatkan pendanaan dari perbankan. Dirinya pun mendorong pelaku UMKM memanfaatkan layanan digital dalam aktivitas pencatatan keuangan.

“Saran dari Bank Indonesia bahwa penyedia platform aplikasi atau pembukuan untuk UMKM harus memilih mitra kolaboratif yang kuat untuk peningkatan layanan. Ada banyak aplikasi seperti Bukukas, tidak hanya itu, silakan memilih agar UMKM di Indonesia terus berkembang seiring perkembangan era digital,” kata Destry, Rabu (10/11).

Pencatatan keuangan ini penting agar UMKM dapat mengetahui kinerja usaha harian dan dapat mengambil keputusan yang terbaik demi kemajuan usahanya. Di Indonesia telah banyak aplikasi pencatatan keuangan yang menyasar UMKM, salah satunya adalah BukuKas.

BukuKas merupakan aplikasi pencatatan keuangan usaha secara gratis yang telah dipercaya dan digunakan oleh lebih dari 6 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Juru bicara BukuKas, Tri Sukma Anreianno, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/11) mengatakan, keunggulan BukuKas memiliki sistem pencatatan yang mudah dan sederhana, akurat, serta menyesuaikan dengan alur kerja pelaku usaha dengan mengadopsi teknologi terkini, sehingga UMKM dapat mudah beradaptasi dalam menggunakan teknologi ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button