Ekonomi

Kesejahteraan Pekerja Perempuan Sektor Seni Akan Ditingkatkan

INDOPOSCO.ID – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan Kemenparekraf berkomitmen memperkuat kesejahteraan pekerja perempuan di sektor seni dan kreatif dengan menghadirkan berbagai kebijakan.

Angela mengatakan, ada banyak permasalahan yang dialami para pekerja seni perempuan, seperti mulai minimnya perlindungan, minim representasi, kesenjangan imbalan, kondisi kerja yang intens and penuh emosi, serta ketidakpastian dalam kemajuan karir yang akhirnya berdampak kepada kesehatan fisik dan mental para pekerja perempuan. Sementara itu, pekerja perempuan turut berkontribusi terhadap keberlangsungan ekosistem seni di Indonesia.

“Kemenparekraf tentunya berpihak kepada kesejahteraan para pekerja perempuan di sektor seni dan kreatif. Dengan adanya diskusi yang terjadi pada hari ini, serta berbagai masukkan yang diberikan, kami yakin ini bisa menjadi pijakan awal bagi kita bersama untuk mewujudkan kebijakan dan program yang betul-betul bisa memberikan dampak kepada para pekerja seni perempuan,” ucap Angela dalam diskusi virtual Indonesia Contemporary Art and Design (ICAD) 2021 di Jakarta, dikutip dari siaran resmi, Selasa (9/11/2021).

Dalam diskusi yang juga dihadiri musisi Rara Sekar, aktivis Kartika Jahja dan Koordinator Peneliti Kebijakan Aliansi Seni Ratri Ninditya, Angela mengatakan ada beberapa perihal yang dapat dinobatkan dan disinergikan bersama Kemenparekraf.

Pertama, terkait kebijakan. Dibantu Direktorat Regulasi Kemenparekraf, pihaknya akan melihat kembali mungkin apa yang bisa dilakukan untuk mengisi kekosongan produk hukum perlindungan terhadap pekerja seni termasuk pekerja informal yang inklusif dan berkelanjutan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button