Ekonomi

Pasar Uang Stabil, Dolar AS Tergelincir

INDOPOSCO.ID – Mata uang-mata uang utama kembali stabil pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), setelah pernyataan mengejutkan dari bank sentral Kanada (BoC) memberikan ledakan volatilitas di pasar yang relatif tenang.

Pergerakan tersebut membuat indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya turun 0,1 persen menjadi 93,8240, setelah dolar melemah terhadap dolar Kanada, euro, dan yen Jepang.

Greenback awalnya kehilangan 0,7 persen terhadap dolar Kanada setelah BoC mengisyaratkan bahwa mereka dapat menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan. Namun langkah itu mereda dan membuat dolar AS melemah 0,4 persen terhadap loonie (dolar Kanada).

Sebelum pengumuman, yang dipandang oleh beberapa orang sebagai hawkish, dolar Kanada telah melemah ke level terendah dalam hampir dua minggu terhadap mitra AS. “Anda akan melihat lebih banyak volatilitas dan ayunan valas di sini,” kata Ed Moya, analis pasar senior di broker OANDA, seperti dikutip Antara, Kamis (28/10/2021).

Para pedagang akan memiliki ekspektasi inflasi yang berbeda di setiap wilayah, kata Moya, menambahkan: “Perbedaan suku bunga akan sangat sulit untuk dihitung untuk beberapa mata uang.”

Komentar BoC dapat menjadi pemicu pertama untuk penilaian baru tentang bagaimana suku bunga akan berubah dan berdampak pada mata uang, ketika para gubernur bank sentral mencoba untuk mendukung pemulihan pandemi tanpa melepaskan inflasi yang berkelanjutan.

Pasar uang telah bergerak sedikit dalam dua hari pertama minggu ini karena para pedagang berhenti sejenak untuk pengumuman kebijakan moneter dari bank- bank sentral utama di seluruh dunia, termasuk Federal Reserve AS, yang akan bertemu minggu depan.

Untuk sebagian besar hari, euro diperdagangkan dalam 0,2 persen dari penutupan Selasa( 26/10/2021) terhadap dolar. Euro terakhir menguat sekitar 0,1 persen menjadi 1,1607 dolar AS.

Bank Sentral Eropa (ECB) akan bertemu pada Kamis waktu setempat dan diperkirakan akan mengambil sikap dovish.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button