Ekonomi

Ekonomi Diprediksi Tumbuh 3,9 Persen Pada Triwulan III 2021

INDOPOSCO.ID – Ekonom Bahana Sekuritas Satria Sambijantoro memperkirakan ekonomi triwulan III 2021 tumbuh 3,9 persen jika dibandingkan periode sama 2020 (year-on-year/yoy) atau di bawah ekspektasi konsensus dengan perkiraan Kementerian Keuangan sebesar 4,5 persen.

“Namun, kami memperkirakan pemulihan PDB yang kuat di masa mendatang, dengan konsumsi rumah tangga yang didukung oleh kenaikan harga komoditas dan panen beras yang melimpah diharapkan pada triwulan IV 2021,” tutur Satria seperti dikutip dari Antara, Kamis (28/10/2021).

Ia berpendapat perkiraan tersebut seiring konsumsi dan investasi yang lemah di triwulan ketiga ini diimbangi ekspor yang kuat. Kebangkitan varian Delta Covid-19 di Indonesia terjadi antara Juni dan September 2021, yang berarti sebagian besar ekonomi di triwulan III 2021 terpengaruh oleh penguncian.

Menurut perhitungan Satria, konsumsi dan investasi hanya akan tumbuh sekitar tiga persen (yoy) pada triwulan III 2021, sehingga menurunkan angka PDB utama.

“Kelemahan ini kemungkinan diimbangi oleh kinerja yang lebih baik dalam perdagangan luar negeri bersih, dengan ekspor kemungkinan tumbuh di atas 35 persen (yoy) karena lonjakan harga komoditas telah memperbesar surplus perdagangan ke rekor tertinggi,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button