Ekonomi

Kemendag fasilitasi MoU imbal dagang dengan perusahaan asal Belanda

INDOPOSCO.ID – Kementerian Perdagangan memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) imbal dagang bisnis ke bisnis (business to business/B2B) antara perusahaan Indonesia dengan Belanda, yang dilaksanakan secara virtual di sela gelaran Trade Expo Indonesia Digital Edition.

“Hal ini tidak hanya meningkatkan hubungan dan kerja sama perdagangan bilateral ke langkah selanjutnya, tetapi juga berkontribusi mendorong perdagangan di rantai nilai global dan membantu memulihkan ekonomi dunia di tengah pandemi Covid-19,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi seperti dikutip Antara, Jumat (22/10/2021).

MoU dengan perusahaan Belanda ditandatangani Direktur Utama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia(PPI) Nina Sulistyowati dan CEO/Director Esro Food Group BV(EFG) Gerardus Antonius Johannes Rooijackers. PT PPI berperan sebagai badan pelaksana imbal dagang di Indonesia sebaliknya EFG berperan sebagai badan pelaksana imbal dagang untuk Belanda.

Turut hadir dan melihat penandatanganan MoU ialah Didi, Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Johni Martha, Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor Marthin, Direktur Pengembangan Promosi Dan Citra Merry Maryati, Duta Besar LBBP Republik Indonesia di Den Haag Mayerfas, Atase Perdagangan Den Haag Sabbat Christian Jannes Sirait, serta perwakilan pengelola kebutuhan terkait.

Didi mengatakan, penandatanganan MoU imbal dagang merupakan batu loncatan sekaligus tonggak untuk kerja sama yang lebih baik antara Indonesia dan Belanda di masa mendatang.

Kemendag membuka peluang penandatanganan MoU sebanyak-banyaknya dengan negara sahabat. Namun perihal tersebut harus tetap fokus agar dapat terealisasi di lapangan.

“Beberapa produk ekspor Indonesia yang dapat didorong untuk pasar Belanda sebagai proyek percontohan mencakup produk perikanan, minyak kelapa sawit, karet, garmen, rempah-rempah, furnitur, dan rotan. Sementara produk yang dapat didatangkan dari Belanda, antara lain produk daging dan turunannya,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button